Jacksen Tiago: PSS Tetap Tim Kuat Meski Kehilangan Banyak Pemain

Jacksen F. Tiago - Antara
18 September 2019 18:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman akan tampil tanpa dua pilar utama di serang, striker Yevhen Bokhashvili dan gelandang serang Brian Ferreira, saat menjamu Persipura Jayapura pada laga pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/9/2019) sore.

Brian absen karena cedara dan Yevhen absen lantaran menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Keduanya adalah tumpuan serangan PSS. Yevhen sudah mengemas sembilan gol sedangkan Brian delapan gol.

Bagi Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago, ketiadaan Brian dan Yevhen tak akan memengaruhi kekuatan PSS. Jacksen belajar dari kemenangan PSS atas Semen Padang di laga pekan ke-18. Meski tampil compang-camping PSS bisa menang 1-0 lewat gol gelandang Timnas U-23, Sidik Saimima.

“Di Padang, mereka bisa menjawab tantangan. Kehilangan lima hingga enam pemain, mereka bisa menang. Itu yang harus kami waspadai. Pertandingan tetap berlangsung 11 lawan 11. Saya tak memikirkan pemain yang tak ada di lapangan. Sudah jelas mereka tak akan jadi ancaman. Ancamannya adalah 11 pemain di lapangan besok. Makanya tak ada keuntungan sama sekali,” ucap Jacksen di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (18/9/2019).

Persipiura akan kehilangan dua pemain, striker Marinus Wanewar dan gelandang Oh In-kyun.  Kendati demikian Jacksen optimistis timnya mampu meraih kemenangan di kandang PSS.

Di awal musim, Super Elang Jawa berhasil menahan imbang Mutiara Hitam 1-1 di Stadion Mandala, Jayapura. Kala itu, Persipura masih ditukangi Luciano Leandro dan terseok-seok karena tak pernah menang di tujuh laga awal.

Persipura kemudian kembali ditangani Jacksen Tiago dan perlahan bangkit. Kini, Mutiara Hitam berada di peringkat kedelapan dengan 26 poin, hanya tertinggal satu angka dari PSS, dan masih punya satu tabungan pertandingan lebih banyak.

“Semua pemain Persipura kami waspadai. Sekarang Persipura ditangani oleh Jacksen. Dia membawa aura positif dan hasil bagus. Sebelum Jacksen datang tim ini sudah bagus. Dan Jacksen yang sudah menyatu bisa menampilkan hal yang lebih dari apa saya bayangkan,” ucap Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro.

Seto menyebut absennya Yevhen akan menjadi kesempatan bagi pemain lokal untuk unjuk kemampuan.

“Absennya Yevhen pasti mengurangi kekuatan kami. Tetapi, saya tak khawatir. Justru ini kesempatan pemain lokal untuk menunjukkan kemampuanny.”

Seto punya Kushedya Hari Yudo yang bisa mengisi posisi Yevhen. Dia sudah mengemas dua gol sejauh ini, yakni ke gawang PS Tira-Persikabo dan PSM Makassar. Seto juga menilai Arsyad Yusgiantoro dan Irkham Milla bisa mengisi lubang yang ditinggalkan Yevhen, meski keduanya bermain penyerang sayap, bukan striker.

“Di sana ada Yudo, Arsyad dan Milla. Secara postur mereka memang kalah dibandingkan Yevhen. Intinya pasti ada pengaruhnya tapi saya tak begitu khawatir,” ujar Seto.