Advertisement

Debut Messi dari Jepang di Liga Spanyol Diwarnai Kekalahan

Budi Cahyana
Senin, 02 September 2019 - 17:22 WIB
Budi Cahyana
Debut Messi dari Jepang di Liga Spanyol Diwarnai Kekalahan Takefusa Kubo saat berseragam Real Madrid - Reuters/Michael Dalder

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Takefusa Kubo, gelandang serang Real Mallorca berusia 18 tahun, melakoni debut di La Liga Spanyol pada pertandingan pekan ketiga musim 2019-2020 melawan sahibulbaut Valencia di Stadion Mestalla, Minggu (2/9/2019) malam WIB. Sayangnya, debut pemain yang dijuluki Lionel Messi dari Jepang itu tak berakhir manis karena Mallorca kalah 0-2.

Kubo bermain dari bangku cadangan, masuk di menit ke-78 menggantikan Ante Budimir. Kubo adalah salah satu prospek tercerah sepak bola Asia. Dia dididik di La Masia, akademi sepak bola tersohor milik Barcelona. Tetapi kemudian pindah ke FC Tokyo karena usianya belum genap 18 tahun untuk menjadi pemain bola profesional  non-Eropa di Benua Biru.

Advertisement

Bakatnya terus berkembang dan jadi andalan Timnas Jepang junior. Juli lalu, saat usianya sudah 18 tahun dan sudah boleh bermain di Eropa, Kubo direkrut Real Madrid, tetapi kemudian dipinjamkan ke Real Mallorca untuk menambah pengalaman. Kubo adalah pemain Jepang ketiga yang berfmain di Mallorca setelah Yoshito Okubo dan Akihiro Ienaga. 

Di laga tersebut Mallorca kalah 0-2. Kemenangan Valencia dipersembahkan dua tendangan penalti kapten Dani Parejo. Mallorca sebetulnya sempat menebar ancaman lebih dulu lewat tembakan Joan Sastre pada menit ketujuh. Bola kemudian diamankan kiper Jasper Cillessen dan beberapa menit kemudian Mallorca mendapat peluang lain melalui tendangan kaki kiri Ante Budimir hanya membentur mistar gawang.

Valencia perlahan mulai mengimbangi permainan tamunya hingga memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-42 kala Francis Coquelin dijatuhkan Antonio Raillo di kotak terlarang. Parejo dengan dingin mengonversi tendangan 12 pas itu untuk membuka keunggulan Valencia dan skor 1 - 0 bertahan hingga turun minum.

Upaya Mallorca mencetak gol balasan pada babak kedua, tetapi wasit Javier Alberola Rojas kembali memberi hadiah tendangan penalti untuk tuan rumah menyusul pelanggaran Lago Junior yang menahan tembakan Coquelin dengan tangan. Parejo kembali menghadapi bola dan sukses menaklukkan kiper Manolo Reina untuk menggandakan keunggulan Valencia atas Mallorca pada menit ke-56.

Berkat kemenangan itu, tim besutan Marcelino Garcia Toral, yang finis di peringkat keempat musim lalu, naik ke peringkat kesembilan dengan koleksi empat poin, melompati Mallorca (3) yang melorot ke urutan ke-14.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

PLN Mobile Proliga 2024 di Yogyakarta Resmi Dibuka, Jakarta Elektrik PLN Siap Berlaga

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement