Joao Felix Cetak Gol Perdana, Atletico Madrid Puncaki Klasemen La Liga Spanyol

Joao Felix - Reuters/Javier Barbancho
02 September 2019 16:42 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Joao Felix mencetak gol perdana untuk Atletico Madrid di La Liga Spanyol. Striker 19 tahun itu mencetak gol saat Los Rojiblancos mengalahkan Eibar 3-2 pada pertandingan pekan ketiga La Liga Spanyol di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Senin (2/9/2019) dini hari WIB. 

Felix terus membaik. Di pekan kedua, dia menyodorkan umpan kunci yang diselesaikan menjadi gol oleh Vitolo saat Real Madrid menang tipis 1-0 atas Leganes.

Gol pertama Felix di La Liga dibuat pada menit ke-27 memanfaatkan asis Diego Costa. Gol tersebut sangat penting mengembalikan moral pemain Atletico yang anjlok karena secara mengejutkan Eibar unggul dua gol hanya dalam waktu kurang dari 20 menit. Eibar membuka keunggulan saat laga baru berjalan tujuh menit setelah Charles Dias menyambut umpan silang Fabian Orellana. Di menit ke-19, Eibar memimpin 2-0. Orellana kembali mengirim umpan silang yang tak diantisipasi sempurna barisan pertahanan Atletico. Bola muntah disambar tembakan keras Anitz Arbilla yang sempat membentur bek Jose Maria Giminez dan mengecoh kiper Jan Oblak.

Atletico akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-27. Diego Costa melepaskan umpan tarik. Bola tak mampu dijangkau kiper Marko Dmitrovic dan diselesaikan menjadi gol oleh Joao Felix. Di menit ke-5, sahibulbait menyamakan kedudukan setelah bola umpan bek kiri Renan Lodi berhasil dikejar Vitolo demi menaklukkan Dmitrovic.

Lima menit kemudian Costa menyarangkan bola ke gawang Eibar, tetapi golnya dianulir oleh VAR karena ia dinyatakan berada dalam posisi offside. Costa kembali membuat bola bersarang ke dalam gawang Eibar pada menit ke-83 setelah ia melewati Dmitrovic. Akan tetapi lagi-lagi golnya dianulir karena ia berada sudah offside saat menyambut umpan Vitolo.

Sesudah insiden itu, Pelatih Atletico Diego Simeone memasukkan Partey menggantikan Felix, yang belakangan jadi keputusan kunci dalam kemenangan Atletico.

"Saya menarik keluar Felix karena dia sudah kelelahan dan saya yakin Partey punya tenaga banyak untuk membantu serangan. Pergantian pemain sangat berisiko, tetapi saya harus melakukannya," ujar Simeone seusai laga dikutip dari Marca.

Partey membuat kombinasi operan pendek dengan Diego Costa sebelum ia melewati bek Eibar dan menaklukkan Dmitrovic dari jarak dekat untuk memastikan kemenangan Atletico 3-2.

Atletico kini memimpin klasemen La Liga dengan sembilan poin, unggul dua angka dari Bilbao dan Sevilla. Sementara, dua raksasa lainnya, Real Madrid tertahan di peringkat kelima dengan lima angka dan juara bertahan Barcelona tercecer di anak tangga kedelapan dengan nilai empat. Adapun Eibar berada di peringkat ke-18 dengan koleksi hanya satu poin.

"Kami harus membangun tim baru dari awal setelah kepergian beberapa pemain kunci. Selanjutnya kami ingin menang terus, selalu menang di tiap laga," kata Simeone.

Di laga ini, Simeone menurunkan lima pemain anyar di susunan sebelas awal: Felix, Renan Lodi, Mario Hermoso, Kieran Trippier, dan Marcos Llorente.