Real Madrid Gaet Jebolan Piala Asia U-19 di Indonesia

Takefusa Kubo - Sportskeeda
14 Juni 2019 20:42 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Real Madrid resmi mendatangkan Takefusa Kubo, gelandang serang Jepang berusia 18 tahun, dari FC Tokyo. Kubo adalah jebolan Piala Asia U-19 2018 yang dihelat di Indonesia.

Sebagaimana dikutip Football Espana, Jumat (14/6/2019), Kubo dikontrak enam musim dengan mahar 2 juta euro. Kubo adalah produk La Masia, Akademi Barcelona. Dia bermain di rival abadi Real Madrid tersebut selama empat musim, tetapi kemudian hengkang pada 2015 karena Barcelona kena sanksi akibat merekrut pemain belia secara ilegal.

Kubo digadang-gadang sebagai salah satu bakat terbesar di Asia. Dia bahkan dijuluki Lionel Messi dari Jepang. Selepas dari La Masia, Kubo bermain untuk FC Tokyo dan kini, setelah usianya 18 tahun pada 4 Juni lalu, dia bisa bermain di Eropa.

Kubo mencetak enam gol dalam 30 penampilan bersama FC Tokyo. Dia sudah dipanggil ke timnas senior Jepang dan mengoleksi satu caps. Namanya masuk dalam skuat Jepang yang akan berlaga di Copa America 2019.

Performa pemain yang lebih sering disapa Take ini menarik minat Barcelona, Real Madrid, dan PSG. Namun, Madrid yang bergerak lebih cepat untuk mengamankan tanda tangannya.

Take menapak semua jenjang usia Timnas Jepang, dari U-16 sampai U-20. Tahun lalu, dia menjadi andalan Jepang di Piala Asia U-19 yang dihelat di Jakarta. Take bermain ketika Jepang mengalahkan Indonesia asuhan Indra Sjafri dengan skor2 - 0 di perempat final.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, pada 28 Oktober 2018 itu, Take bermain hampir sepanjang pertandingan dan baru digantikan oleh pelatih Masanaga Kageyama dengan bek Ayumu Seko saat babak kedua telah memasuki injury time.

Dalam turnamen tersebut, yang akhirnya dijuarai Arab Saudi, Take mencetak satu gol ketika Jepang menang 5 - 2 atas Korea Utara dalam pertandingan matchday pertama Grup B di Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 22 Oktober 2018.

Take menjadi pemain keenam yang direkrut Madrid musim ini setelah Edgar Militao, Rodrygo, Luka Jovic, Ferland Mendy, dan Eden Hazard.