Dibuang PSIM Jogja, Maitimo Naik Kelas & Langsung Dimainkan PSM Lawan Persija

Raphael Maitimo (kiri) dan CEO PSM Munafri Arifuddin. - liga/indonesia.id
28 Agustus 2019 17:47 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Raphael Maitimo tak butuh waktu lama untuk menganggur setelah dilepas PSIM Jogja di akhir putaran pertama Liga 2 2019. Maitimo malah naik kelas, direkrut PSM Makassar untuk mengarungi Liga 1 2019.

CEO PSM Munafri Arifuddin dan Maitimo menandatangani perjanjian kontrak di Jakarta, Rabu (28/8/2019). Beberapa jam kemudian, Maitimo masuk dalam line up pemain PSM Makassar melawan Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu sore. Dalam pertandingan yang berakhir 0-0 tersebut, Maitimo masuk di menit ke-81 menggantikan Zulham Zamrun.

Munafri Arifuddin mengatakan Juku Eja merekrut Raphael Maitimo karena membutuhkan pemain yang bisa menempati beberapa posisi. Maitimo dianggap memenuhi kriteria tersebut karena bisa dimainkan di berbagai posisi di tengah. Saat ditangani Vladimir Vujovic di PSIM, Maitimo bahkan dimainkan sebagai penyerang meski performanya buruk.

PSM langsung menyambar kesempatan setelah Maitimo dilepas PSIM Jogja. Pelatih PSIM Jogja Aji Santoso memilih menggaet gelandang Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman alih-alih mempertahankan Maitimo yang sebenarnya diikat selama dua musim.

“Di jendela transfer pertengahan musim seperti ini relatif susah mencari pemain. Rata-rata pemain terikat kontrak penuh dengan klubnya,” kata Munafri dikutip situs Liga Indonesia.

PSM Makassar kehilangan sejumlah pemain dalam waktu yang relatif lama. Bayu Gatra dan Guy Junior masih menjalani perawatan pasca operasi. Ferdinand Singa dan Rizky Pellu bergabung di Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2020, sementara pemain anyar mereka Firza Andika juga bergabung dengan Timnas U-23 yang dipersiapkan ke SEA Games 2019.

Maitimo bukan sosok baru di PSM. Pada 2017 lalu, pemain naturalisasi asal Belanda itu hampir membela PSM. Tetapi, sebelum kompetisi bergulir, dia memutuskan hengkang dan bergabung ke Persib Bandung.

“Saya sampikan, ini bukan menyangkut persoalan pribadi. Kami datangkan pemain bukan karena faktor suka atau tidak suka, tapi soal kebutuhan tim. Mudah-mudahan Raphael bisa bermain bagus untuk tim di putaran kedua ini,” kata Munafri.

“Kita tahu bahwa untuk mencari pemain yang kami butuhkan tidak mudah, saya mencoba menghubungi Raphael setelah kami ketemu di Jogja, dan alhamdulillah kami bisa resmikan sebagai pemain PSM.”

Raphael Maitimo mengaku senang bisa kembali bermain di Liga 1 di PSM. “Mudah-mudahan tahun ini saya bisa maksimal. Memberi yang terbaik untuk tim itu sangat penting, mudah-mudahan semua lancar,” kata Maitimo.