PSS Sleman Rekrut Bek Kiri Timnas Indonesia Jebolan Akademi Sepak Bola di Spanyol

Samuel Christianson - Instagram Samuel Christianson
28 Agustus 2019 17:12 WIB Jumali & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman mengganti pemain-pemain yang dilepas menjelang akhir putaran pertama Liga 1 2019 dengan pemain muda yang punya potensi besar. Super Elang Jawa merekrut bek kiri jebolan akademi sepak bola di Valencia, Spanyol, serta mempromosikan penyerang PSS U-18 ke tim senior.

Samuel Christianson Simanjuntak yang tak punya klub setelah meninggalkan Srwijiyata FC musim lalu kini resmi berbaju PSS. Samuel masih berusia 20 tahun dan kini ikut seleksi Timnas U-23 bersama dua pemain muda PSS, Irkham Milla dan Sidik Saimima. Samuel punya potensi besar sebagai bek kiri. Pemain kelahiran 31 Juli 1999 itu mulai belajar mengolah si kulit bundar di Sekolah Sepak Bola (SSB) Jakarta Football Academy.

Saat usianya menginjak 15 tahun, Samuel berkelaka ke Eropa untuk menimba ilmu di salah satu akademi sepak bola di Valencia, Royal European Football Academy (REFA). Sekitar dua tahun setelah belajar di Valencia, pada 2017 dia dipanggil masuk skuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri. Samuel mengemas 10 caps dan satu gol bersama Garuda Nusantara. Dia kemudian bergabung dengan Persija U-19 sebelum hijrah ke Sriwijaya FC untuk menjadi pemain bola profesional

Jenjang kariernya di timnas mulus. Samuel naik kelas ke Timnas Indonesia U-22 dan  menjuarai Piala AFF U-22 2019 di Kamboja, Februari lalu.

Kemudian dia hengkang dari Sriwijaya FC setelah klub tersebut terdegradasi ke Liga 2. Dia berstatus tanpa klub, tetapi tetap dipercaya Indra Sjafri untuk ikut pemusatan latihan Timnas U-23.

Kini, di PSS Sleman, Samuel akan menggantikan posisi lowong yang ditinggalkan fullback Junius Bate ke PSIM. Samuel akan bersaing dengan Derry Rachman dan Jajang Sukmara untuk menjadi bek kiri utama PSS.

Selain menggaet Samuel, PSS juga mempromosikan penyerang muda Saddam Emirudddin Gaffar. Saddam adalah produk sepak bola Sleman. Dia penyerang PSS Sleman U-18 yang menimba ilmu di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Provinsi (PPLOP) Jawa Tengah dan berpengalaman memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Fakhri Husaini.

“Saddam kami naikkan ke tim senior karena dia punya potensi bagus dan baru saja memperkuat Timnas U-19. Sementara Samuel merupakan jebolan Timnas U-22 yang pernah merasakan gelar juara Piala AFF U-22. Keduanya bisa menjadi aset jangka panjang PSS,” kata CEO PT Putra Sleman Sembada Viola Kurniawati, Rabu (28/8/2019).

Saddam akan menggantikan Rudi Widodo sebagai pelapis Yevhen Bokhasvili dan Kushedya Hari Yudo.S

Sebelumnya, PSS sudah melepas Junius Bate, Irsan Lestaluhu, Nerius Alom, dan Dhika Bayangkara. Hengkangnya Dhika sudah digantikan dengan kehadiran eks kiper Sriwijaya Alexander.