Lewati Rekor Messi, Bocah 16 Tahun Dapat Ucapan Selamat dari Legenda

Ansu Fati - Reuters/Albert Gea
26 Agustus 2019 19:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Remaja kelahiran Guinea-Bissau yang kini berusia 16 tahun, Anssumane Fati, memecahkan rekor Lionel Messi.

Dia menjadi pemain termuda kedua yang pernah memperkuat Azulgrana di La Liga saat masuk di menit ke-78 menggantikan Carles Perez dalam pertandingan melawan Real Betis pada pekan kedua La Liga Spanyol 2019-2020 di Stadion Camp Nou, Barcelona, Senin (26/8/2019) dini hari WIB.

Fati berusia 16 tahun sembilan bulan 25 hari. Sementara, Messi berusia 17 tahun tiga bulan 222 hari saat mencatat debut La Liga bersama Barcelona saat melawan Espanyol pada 16 Oktober 2004. Messi masuk di menit ke-82 menggantikan Deco.

Rekor debutan termuda Los Cules di La Liga masih dipegang Vicenc Martinez, yang bermain pada usia 16 tahun sembilan bulan lima hari pada musim 1941.

Debut Fati tak terlepas dari krisis di lini depan Barcelona. Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele dibebat cedera dan tak bisa main lawan Betis. Ernesto Valverde kemudian memasang Antoine Griezmann sebagai strikerm diapit Rafinha Alcantara dan penyerang 21 tahun, Calres Perez.

Musim lalu, Ansu Fati bermain dengan tim U-19 Barcelona dan bersinar di UEFA Youth League dengan mengemas empat gol dan tiga asis. Fati bergabung di Akademi La Masia saat usianya 10 tahun. Di lage malawan Betis, Barcelona menang 5-2, diwarnai dengan kegemilangan Griezmann.

“Sebenarnya saya sangat gugup, tetapi saya bersyukur kepada orang-orang yang telah membantu saya, mulai dari klub, manajer, dan fans yang memberikan sambutan luar biasa,” ujar Fati, dikutup dari ESPN.

Lewat akun Instagramnya, Messi yang kini sudah menjadi legenda hidup Barcelona memberikan selamat kepada Fati.

“Sangat senang melihat seorang bocah memenuhi impiannya untuk bermain di tim utama ini,” tulis Messi.