Ini Penilaian Aji Santoso terhadap 5 Pemain Baru PSIM

Syaiful Indra Cahya (biru) langsung mencetak gol di laga debutnya bersama PSIM, Kamis (22/8/2019). - Harian Jogja/Jumali
22 Agustus 2019 23:17 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih PSIM Jogja Aji Santoso puas dengan penampilan lima pemain anyar yang diturunkan sebagai starter melawan Persiba Balikpapan pada laga pekan ke-11 Liga 2 2019 di Stadion Mandala Krida, Kamis (22/8/2019) sore.

“Saya optimistis melihat penampilan mereka. Tim ini punya prospek bagus,” kata Aji seusai laga.

Di paruh kedua kompetisi, Aji menggaet pemain-pemain yang dia inginkan, yakni Hendra Wijaya (bek tengah/PSM Makassar), Saldi Amirudin (sayap kiri-kanan/PSM Makassar), Ahmad Mahrus Bachtiar (bek tengah/Barito Putra), Nugroho Fatchur Rochman (gelandang bertahan dan serang/Persija), Sutanto Tan (gelandang bertahan dan serang/Bali United) dan Witan Sulaeman (gelandang/SKO Ragunan/Timnas U-19), dan Syaiful Indra Cahya (bek/Semen Padang).

Aji langsung menurunkan Hendra, Syaiful, Sutanto, Saldi, dan Witan, saat menghadapi Persiba. Hendra Wijaya menjadi bek tengah mendampingi Hisyam Tolle, sedangkan Syaiful Indra Cahya dimainkan sebagai bek kanan. Di lini tengah, Sutanto Tan dipasang sebagai gelandang jangkar yang menopang dua pemain baru lainnya, yakni Saldi Amiruddin di sayap dan Witan Sulaeman sebagai gelandang serang. Syaiful dan Saldi langsung mencetak gol pada laga debutnya bersama Laskar Mataram. Saldi Amirudddin membawa PSIM pada menit ke-4. Seperempat jam kemudian, Syaiful menggandakan keunggulan. Beruang Madu mencetak gol untuk memperkecil ketinggalan lewat kapten Taufiq Kasrun pada menit ke-28. PSIM pun menang.

“Rata-rata oke. Dalam debut di hadapan penonton ribuan penonton, mereka cukup luar biasa. Witan dalam kondisi yang 100 persen. Menit-70 dia mulai menurun. Ini normal, karena selama ini anak ini enggak punya klub, latihan individu. Tapi dia punya prospek cerah ke depan,” ucap Aji.

Debut Witan Sulaeman cukup spesial karena pertandingan menghadapi Persiba sekaligus menjadi debut pertamanya sebagai pesepak bola profesional. Sebelumnya, Witan yang menimba ilmu di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan hanya bermain di Timnas Indonesia berbagai jenjang umur.

“Ini pengalaman sangat berharga bagi saya. Ke depan kami harus kerja keras dan membawa PSIM promosi ke Liga 1,” kata gelandang berusia 17 tahun tersebut.

Aji Santoso senang dengan kemenangan 2-1 atas Persiba karena menurut dia laga kali ini cukup sulit.

“Saya terima kasih kepada pemain, karena bisa memenangi pertandingan. Semoga hasil ini mampu mengangkat mental pemain untuk pertandingan selanjutnya,” kata Aji.

Di pertandingan selanjutnya, PSIM akan menjamu Mitra Kukar di Stadion Mandala Krida, Selasa (27/8/2019). Pertandingan ini rencananya disiarkan langsung di TVOne.