Rencana PSIM Jadikan Mandala Krida Pusat Bisnis: Bangun Kafe, Megastore, Hingga Museum

Suporter PSIM Jogja memadati Stadion Mandala Krida - Harian Jogja/Desi Suryanto
22 Agustus 2019 22:47 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT PSIM Jaya, perusahaan pengelola PSIM Jogja, berencana menyewa Stadion Mandala Krida dalam jangka waktu lama. Niat tersebut dilatarbelakangi keinginan perusahaan memanfaatkan stadion untuk memperkuat kondisi keuangan klub.

CEO PT PSIM Jaya Bambang Susanto menyatakan perusahaan ingin meniru Bali United yang menyewa Stadion Kapten I Wayan Dipta, di Gianyar, Bali, dalam kurun lama dan memanfaatkannya menjadi pusat bisnis yang bisa menghidupi klub. Bali United adalah klub dengan pengelolaan modern yang bisa dijadikan contoh. Beberapa waktu lalu, Bali United sudah melantai di pasar saham dan menjadi klub Asia Tenggara pertama yang masuk bursa saham.

Bambang mengharapkan PSIM segera mendapatkan izin dalam durasi yang panjang.

“Setidaknya minimal 10 tahun,” kata dia.

Rencananya, PT PSIM Jaya akan menambah fasilitas stadion seperti kafe, taman bermain, dan megastore.

Perusahaan juga berencana menjadikan Stadion Mandala Krida sebagai tempat destinasi wisata. “Nanti di sana akan ada museum, dan tur stadion guna mendukung sports tourism,” ujar dia.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mendukung langkat tersebut. Dia bahkan sudah menyampaikan rencana pengelolaan Stadion Mandala Krida secara komersial kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

“Saya sampaikan rencana pengelolaan Stadion Mandala Krida untuk mendukung  sports tourism. Dengan pengambilalihan pengelolaan tersebut, pembenahan stadion akan lebih cepat dan profesional. Tetapi nanti bersama dengan Pemda DIY akan ada uji penilaian dulu. Bisa nanti sewanya 5-10, atau 10 tahun, yang jelas menunggu dinilai lebih dahulu,” ucap Haryadi.