Jadwal Main PSIM & PSS Bentrok, PSIM Kirim Surat ke PT LIB

PSIM dijadwalkan menjamu Persatu Tuban di Stadion Mandala Krida, Kamis (19/9/2019). - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan
16 September 2019 18:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pertandingan pekan ke-18 Liga 2 2019 yang mempertemukan sahibulbait PSIM Jogja menjamu Persatu Tuban di Stadion Mandala Krida, Kamis (19/9/2019) sore terancam diundur. Musababnya, partai ini berbarengan dengan laga kandang PSS Sleman menjamu Persipura Jayapura pada pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Manajemen PSIM Jogja sudah mengirimkan surat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), perusahaan operator kompetisi, untuk meninjau ulang jadwal tersebut.

“Kami sedang berkomunikasi dengan PT LIB. Sebab, jadwal ini yang menetapkan adalah PT LIB. Sementara di saat yang bersamaan ada pertandingan Liga 1 di wilayah DIY dan kita tahu Polda DIY hanya mengeluarkan rekomendasikan satu hari satu pertandingan,” kata Sekretaris PSIM Jogja Jarot Sri Kastawa, kepada Harian Jogja, Senin (16/9/2019) sore.

PSIM, kata Jarot, sampai kini belum menerima kejelasan apakah laga melawan Persatu diperbolehkan dilihat penonton di stadion atau tidak. Manajemen PSIM Jogja telah mengirimkan banding atas putusan Komdis PSSI bernomor 063/L2/KD-PSSI/IX/2019 tertanggal 5 September 2019 yang menghukum suporter Laskar Mataram berupa larangan hadir di pertandingan PSIM selama sebulan.

Komdis PSSI menyatakan suporter PSIM Jogja terbukti melakukan provokasi dan melemparkan botol ke arah ofisial dan suporter Persik Kediri. Alhasil, terjadinya keributan di luar stadion. Suporter PSIM juga dinyatakan merusak fasilitas umum dan kendaraan bermotor, membawa senjata tajam dan bom molotov.

“Kami sudah ajukan banding. Tetapi belum ada tanggapan. Sampai kini kami juga masih menunggu,” ucap Jarot.