Seto Nurdiyantoro: Skuat PSS Tak Semahal Persib, tetapi Kami Punya Motivasi Tinggi

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdianto (kanan) dan kapten Bagus Nirwanto - JIBI/Bisnis Indonesia/Dea Andriyawan
29 Agustus 2019 17:37 WIB Dea Andriyawan Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANDUNG—Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro memuji Persib Bandung sebagai skuat mahal yang tak sebanding dengan minimnya stok pemain yang dimiliki Super Elang Jawa. Namun, Seto yakin motivasi tinggi para pemainnya akan menundukkan pemain-pemain bagus milik Maung Bandung.

Persib akan menjamu PSS di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (30/8/2019) besok malam. Persib, yang punya pemain-pemain dengan reputasi bagus di sepak bola nasional kini terdampar di peringkat ke-12 dengan 16 angka. Sementara, PSS Sleman, tim promosi dari Liga 2, melejit ke papan atas, ke peringkat kelima klasemen sementara dengan nilai 24.

Seto memuji-muji Persib Bandung setinggi langit. Ia menilai skuat yang diasuhnya tidak semahal materi yang dimiliki Persib saat ini.

"Dari kualitas pemain saya lihat seperti karang, seperti gunung Persib ini. Susah dibongkar, susah didobrak, kalau dibandingkan kami, ya kami hanya butiran-butiran air gitu. Butiran-butiran air ini harapan saya menjadi sebuah tuah, gitu harapan saya. Tapi kita lihat di pertandingan besok," kata Seto dalam konferensi pers di Graha Persib, Kamis (29/8/2019).

Super Elang Jawa datang ke Bandung tidak dengan skuat utuhnya. Irkham Milla dan Sidik Saimima harus mengikuti pemusatan latihan Indonesia U-23. Adapun Purwaka Yudi masih cedera. Pemain anyar PSS, bek kiri Samuel Christianson, pun belum bisa dimainkan karena bersama Irkham dan Sidik harus berlatih bersama Timnas U-23.

"Kami sangat minim pilihan dan dari 18 pemain yang kami bawa, ada yang kurang fit, tetapi kami tetap bawa karena hanya itu yang kami punya," kata Seto.

Meski demikian, Seto meyakini akan terjadi keajaiban di pertandingan besok malam. Penyebabnya, anak asuhnya memiliki motivasi menang yang tinggi. Menurut Seto, motivasi menjadi faktor kunci yang membawa Super Elang Jawa bertengger di peringkat kelima klasemen sementara.

"Saya ingat betul apa yang coach Rahmat Darmawan bilang, dia salah satu idola saya sebagai pelatih. Dia mengatakan sebagus-bagusnya strategi dan taktik, kalau tidak ada motivasi dari pemain tidak ada apa-apanya," kata dia.

Dia pun mengingatkan para pemainnya agar tidak tepengaruh oleh besarnya dukungan yang akan diberikan ribuan bobotoh yang kemungkinan akan memadati Stadion Si Jalak Harupat.

"Karena pendukung fanatik dari Persib cukup baik dan bagus. Itu mungkin bisa menjatuhkan mental pemain," kata dia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia