Indonesia U-23 Gunakan HB Cup sebagai Persiapan Awal Menuju SEA Games 2019

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman, Senin (26/8/2019). - Harian Jogja/Jumali
27 Agustus 2019 10:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Timnas Indonesia U-23 akan mengawali uji coba sebagai persiapan menuju SEA Games dengan berlaga di HB Cup di Stadion Mandala Krida, Kota Jogja. Turnamen mini ini berformat trofeo dan melibatkan Indonesia U-23, PSIM Jogja, serta Bali United.

“Untuk uji coba kami akan mengikuti trofeo HB Cup. Pada bulan Oktober dan November, kami ada rencana menggelar training camp selama dua bulan. Selain itu pada tanggal 7-15 Oktober kami akan mengikuti turnamen di China. Untuk uji coba internasional, kami akan melawan Iran di Papua pada 13 November dan 16 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno,” ucap Indra seusai memimpin latihan di Yogyakarta Independent School, Sleman, Sennin (26/8/2019).

SEA Games 2019 akan berlangsung di Filipina, 30 November sampai dengan 11 Desember. Sementara, HB Cup akan berformat trofeo dan berlangsung pada 8 September.

Trofeo adalah turnamen mini yang berakar dari tradisi sepak bola Italia. Format trofeo adalah pertandingan 3×45 menit, yakni laga segitiga dengan mempertemukan tim tim secara bergantian, dengan durasi 45 menit (1 babak) di setiap pertandingan.

Saat ini Timnas U-23 menggelar pemusatan latihan sekaligus seleksi yang diikuti 26 pemain di YIS hingga 31 Agustus nanti. Selanjutnya, pemain-pemain pilihan Indra Sjafri akan kembali berlatih pada 1-10 September dan di sela-sela waktu tersebut akan berpartisipasi dalam trofeo di Stadio Mandala Krida.

Indra akan menyertakan lima pemain senior dalam 40 pemain yang akan didaftarkan ke panitia SEA Games 2019. Sebelum menyeleksi 26 pemain, Indra sudah mengantongi 28 pemain yang diseleksi pada Juli lalu. Mereka akan bergabung dalam pemusatan latihan pada 1 September.

Saddil Ramdani dan Egy Maulana Fikri tak masuk dalam daftar karena yang masih membela klubnya di luar negeri.

Indra akan memilih pemain menggunakan standar dan parameter tinggi. Sebab, Timnas U-23 kemungkinan akan bermain lima kali dalam sepekan.

“Jika di Grup 5, kami main empat kali. Untuk itu kami benar-benar lakukan pengetatan. Ada general check-up juga untuk pemain agar pemain yang direkrut siap semuanya,” ujar Indra.