Diminati Klub Liga 1, Witan Sulaeman Pilih PSIM demi Karier di Eropa

Witan Sulaeman - Antara/Sigid Kurniawan
18 Agustus 2019 18:42 WIB Budi Cahyana & Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gelandang Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman, mengaku diincar banyak klub Liga 1, tetapi lebih memilih PSIM karena ingin mendapatkan menit bermain sebelum mengembangkan karier ke Eropa.

Witan Sulaeman, remaja kelahiran Palu, 8 Oktober 2001, belum bisa bermain di Eropa karena usianya belum genap 18 tahun. Klub-klub Eropa dilarang membeli pemain di luar benua tersebut sebelum usia meraka 18 tahun. Para pelanggarnya akan dikenai hukuman, seperti Chelsea atau Manchester City.

Sementara, Witan beberapa waktu lalu mengungkapkan rencananya untuk menemui beberapa klub yang tertarik merekrut dirinya. Bulan lalu, dia mengaku akan berangkat pada Agustus. Namun, dia baru sebatas ikut latihan dan belum dikontrak secara resmi lantaran usianya baru 17 tahun.

Witan kemudian mengubah keputusan. Alih-alih langsung mengembara ke Benua Biru, gelandang belia ini memilih mengasah pengalaman di kompetisi domestik. Dia baru akan pergi pada Januari 2020 saat usianya sudah lewat 18 tahun.

Namun, dia enggan menerima pinangan klub-klub Liga 1 karena khawatir hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Witan kemudian memilih PSIM, klub dengan ambisi besar promosi ke Liga 1 musim depan. PSIM adalah klub yang mau menerimanya dalam jangka waktu singkat dan tak keberatan melepas salah satu bakat terbesar sepak bola Indonesia itu ke Eropa.

“Saya sangat sulit negosiasi dengan klub di Indonesia, karena saya tidak lama main di Indonesia. Setelah masuk usia 18 tahun, saya harus ke luar. Tetapi, Alhamdulillah, PSIM bersedia. Saya di sini akan menimba pengalaman dan berharap mendapatkan menit bermain. Saya akan memperlihatkan kemampuan terbaik jika diberi kesempatan agar PSIM bisa mencapai target lolos ke Liga 1,” ucap Witan.

Sejauh ini, Witan belum mengungkapkan klub Eropa yang akan dia tuju. Namun, salah satu peminatnya adalah klub dari Portugal. PSIM sekarang sedang membangun kekuatan untuk menjuarai Liga 2 2019 sekaligus promosi ke Liga 1 2020.