Sempat Cedera, Top Scorer Sementara Liga 1 Pasti Perkuat Persela Lawan PSS

Alex dos Santos Goncalves (biru) berduel dengan bek Bali United Haudi Abdillah pada laga Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (18/7/2019). Di laga itu Persela menang 2-0 berkat dua gol Alex. - Antara - Syaiful Arif
13 Agustus 2019 16:42 WIB Jumali & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Striker 29 tahun asal Brasil, Alex dos Santos Goncalves, ada dalam skuat Persela Lamongan yang dibawa ke Sleman untuk melakoni pekan ke-14 Liga 1 2019 melawan sahibulbait PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/8/2019). Alex dibekap cedera dalam latihan terakhir di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (12/8/2019) sore, tetapi dipastikan bisa main Kamis lusa.

“Insya Allah baik saja [Alex dos Santos]. Kami bawa 18 pemain ke Sleman, dan semua siap untuk diturunkan,” kata Pelatih Persela Lamongan Nil Maizar kepada Harianjogja.com, Selasa (13/8).

“Mereka punya pemain asing dan lokal yang cukup bagus. Tidak ada instruksi khusus, kami waspadai semua pemain mereka. Dan, pemain PSS saat ini sedang on, untuk itu anak-anak harus fokus dan bekerja keras pada pertandingan besok,” ucap Nil.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyanto menyiapkan strategi khusus untuk Alex. “Jangan sampai bola mengalir ke dia [Alex dos Santos]. Tetapi bagaimanapun ini kan menyangkut kolektivitas. Apalagi dalam permainan, situasi akan berubah. kadang apa yang kita inginkan, bisa berubah di lapangan. Kami hanya bisa mengingatkan,” kata Seto, Senin (12/8/2019).

Alex adalah pencetak gol terbanyak sementara di Liga 1 2019 dengan koleksi 12 gol dari 11 laga. Striker 29 tahun ini mencetak tiga brace dalam empat pertandingan terakhir Persela, yakni saat ditahan imbang Persib Bandung 2-2 di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (8/8/2019), ditahan seri Borneo FC 2-2 di Surajaya, Senin (29/7/2019), dan menang 2-0 atas Bali United di Surajaya, Kamis (18/7/2019). Sebelum tiga brace tersebut, Alex mengemas hattrick saat Persela mencukur Kalteng Putra 3-0 pada pekan kedelapan.

Alex sangat tajam karena 12 gol yang dia lesakkan datang dari 22 tembakan akurat (dari 37 upaya percobaan tembakan yang dia lepaskan).

Namun, PSS punya pengalaman meredam striker tajam. Pekan lalu saat mengalahkan Perseru Badak Lampung FC 2-0, Super Elang Jawa bisa mematikan pergerakan striker dengan rata-go per laga tertinggi di Liga 1 musim ini, Francisco Torres. Soliditas Alfonso de La Cruz dan Ikhwan Ciptady dalam memenangi duel menjadi kunci membatasi pergerakan Torres.

Metode serupa bisa diterapkan untuk menghadapi Alex. Namun, PSS kudu ekstra waspada. Musababnya, tak seperti Perseru Badak Lampung FC yang sangat bergantung pada Torres dan kompatriotnya Marquinhos Carioca, Persela punya skuat yang relatif seimbang.

Nil Maizar menilai PSS sebagai tim yang bagus yang diisi banyak pemain berkualitas. “Saya minta pemain untuk fokus dan bekerja keras pada pertandingan kali ini,” ujar dia.

Poin penuh penting bagi Persela untuk menebus kegagalan mereka di dua laga kandang terakhir di Stadion Surahaya, Lamongan.

Daftar 18 Pemain Persela yang Dibawa ke Sleman

  1. Dian Agus
  2. Reza Febrian
  3. Mawouna Amevor
  4. Eki Taufik
  5. Moch. Zainuri
  6. Birrul Walidarin
  7. Samsul Arifin
  8. Arif Satria
  9. Ahmad Subagja Baasith
  10. Lucky Wahyu
  11. Delvin Rumbino
  12. Kei Hirose
  13. Sugeng Effendi
  14. Malik Risaldi
  15. Anis Nabar
  16. Rafael Oliviera
  17. Alex dos Santos
  18. Gifari Faiz