Ini 2 Pemain Badak Lampung FC yang Harus Diawasi PSS Sleman

Marquinhos Carioca - liga/indonesia.id
08 Agustus 2019 19:47 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PSS Sleman menaruh perhatian khusus terhadap dua pemain Perseru Badak Lampung FC: gelandang Marquinhos Carioca dan striker Francisco Torres. Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro meminta anak buahnya menempel ketat dua penggawa asal Brasil ini saat Super Elang Jawa bertandang ke markas Badak Lampung pada pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung, Jumat (9/8/2019) sore.

Marquinhos dan Torres adalah elemen utama kekuatan Badak Lampung. Tanpa kedua pemain tersebut, klub hasil merger ini bisa jadi lebih terpuruk. Badak Lampung saat ini berada di zona degradasi, menghuni peringkat ke-16 dari 18 kontestan dengan nilai sembilan, hanya unggul lima poin dari juru kunci Semen Padang, dengan satu pertandingan lebih banyak.

Torres, striker 29 tahun yang malang melintang di kompetisi level kedua negara-negara Skandinavia ini sangat sangkil, bahkan tergolong yang paling mematikan di Liga 1 musim ini. Dia baru melakoni tujuh pertandingan, tetapi sudah mencatat empat gol dan dua asis. Dari sepuluh percobaan tembakan yang dia lancarakan, delapan mengarah ke gawang.

Sementara, Marquinhos adalah motor utama serangan Badak Lampung FC. Perannya mirip Brian Ferreira di PSS Sleman. Marquinhos bermain dalam sepuluh pertandingan Badak Lampung, mencetak masing-masing satu gol dan asis serta mencatat 189 umpan sukses. Dia adalah pemain Badak Lampung paling banyak mengoper.

Kombinasi gol dan asis Torres serta Marquinhos mencapai lebih dari separuh gol Badak Lampung. Tanpa sumbangsih duo Brasil ini, Badak Lampung akan sangat terpuruk. Bersama Semen Padang, Badak Lampung adalah tim paling seret gol hingga pekan ke-12.  Rata-rata gol Semen Padang adalah 0,6 per pertandingan, sedangkan Badak Lampung 0,9. Tak ada klub lain di Liga 1 yang semandul mereka berdua.

Seto juga memandang Torres dan Marquinhos sebagai pemain Badak Lampung paling berbahaya. Dia meminta lini belakang dan gelandang bertahan mengawal keduanya secara khusus.

“Tetapi, kami juga ingatkan kepada pemain untuk mewaspadai pemain lain,” kata Seto, Kamis (8/8/2019).

PSS saat ini berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan nilai 17. Kemenangan di Lampung akan membawa Super Elang Jawa masuk ke empat besar, menggeser Arema FC yang kini mengumpulkan nilai 19.

PSS punya peluang besar untuk menang meski pincang karena tanpa kehadiran dua fullback utama: Derry Rachman dan kapten Bagus Nirwanto. Badak Lampung tak akan diperkuat bek Kunihiro Yamashita dan gelandang Fernandinho. Yamashita adalah pilar utama lini belakang Badak Lampung yang tak pernah absen sejak pekan pertama. Sementara, Fernandinho adalah penyokong Marquinhos.

Pelatih Perseru Badak Lampung FC Milan Petrovic mengaku telah menyiapkan strategi untuk menundukkan PSS Sleman meski mereka tampil tanpa dua pemain utama. Dia ingin anak asuhnya mengendalikan ritme pertandingan dan menekan.

“Dari segi kebugaran kami memang diuntungkan, karena pertandingan melawan Persela sempat ditunda,” ucap Milan.