Hadapi PSIS Besok, PSS Bertumpu pada Kreativitas Brian Ferreira

Brian Ferreira - Harian Jogja/Jumali
16 Juli 2019 17:02 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman kembali bertumpu pada kreativitas Brian Ferreira kala menghadapi PSIS Semarang dalam pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (17/7) sore.

PSS Sleman sedang dalam kondisi yang positif, dan Brian adalah salah satu alasan dari performa apik Super Elang Jawa. Dalam dua laga terakhir, skuat besutan Seto Nurdiyantoro ini itu sukses meraih kemenangan, yakni menundukkan Kalteng Putra 2-0 dan Persebaya Surabaya 2-1. Seluruh kemenangan didapat Super Elang Jawa saat tampil di depan pendukungannya, Stadion Maguwoharjo.

PSS juga lebih baik di papan klasemen daripada PSIS. Super Elang Jawa kini berada di peringkat kelima dengan nilai 12 dari tujuh pertandingan. Sementara, Mahesa Jenar ada di anak tangga ketujuh dan hanya terpaut satu poin lebih sedikit daripada PSS.

Jika bisa mengalahkan PSIS, PSS akan melambung ke tiga besar klasemen sementara. Ini bakal menjadi performa yang sangat luar biasa untuk tim promosi.

Kedua tim pernah bertemu dalam uji coba pramusim di Stadion Maguwoharjo akhir April lalu. Saat itu, PSS unggul 1-0 lewat gol Brian Ferreira.

Brian masih akan menjadi tumpuan utama Super Elang Jawa. Dia adalah pemain paling kreatif di skuat asuhan Seto. Hingga pekan ketujuh, di tiap pertandingan gelandang serang Argentina itu mencatat rata-rata 2,5 tembakan, 2,1 dribel sukses, dan 3,2 operan kunci. Tak ada pemain PSS yang membuat operan kunci lebih banyak ketimbang Brian.

Kendati demikian, Seto tidak ingin anak asuhnya lengah. Menurut dia, Mahesa Jenar sangat seimbang di setiap lini. “Kekuatan mereka merata. Mereka juga punya daya juang tinggi dan kecepatan. Jadi kami waspadai semua lini,” ucap Seto, Selasa (16/7/2019).

Brian akan beradu kecerdikan dengan Septian David Maulana. Gelandang serang langganan Timnas Indonesia itu menempati posisi yang sama persis dengan Brian, yakni gelandang serang dalam formasi 4-3-3. Septian akan ditopang Arthur Bonai dan Patrick Silva di lini tengah. Sementara, Brian akan dilindungi gelandang bertahan Batata dan gelandang tengah Dave Mustaine. Kombinasi ketiganya cukup apik saat PSS mengalahkan Persebaya 2-1, Sabtu (13/7/2019) lalu.