Jadi Pemain Paling Berpengaruh di PSS, Ini Catatan Mengagumkan Yevhen Bokhashvili

Yevhen Bokhashvili - Instagram PSS Sleman
07 Agustus 2019 20:22 WIB Budi Cahyana & Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro berharap banyak kepada Yevhen Bokhashvili saat Super Elang Jawa bertandang ke markas Perseru Badak Lampung FC untuk melakoni laga pekan ke-13 Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung, Jumat (9/8/2019) sore.

Yehhen nyaris tak tergantikan. Bahkan, ketika kondisinya tak prima sebelum melawan Barito Putera di pekan ke-11, Dia tetap dimainkan dan mencetak satu gol setelah lepas dari jebakan offside. Yevhen menjalani karier junior di level atas dan pernah bermain melawan bintang-bintang besar seperti Paul Pogba dan Samuel Umtiti di masa remajanya. Namun, kariernya kurang berkembang karena cedera. Dia kemudian mengadu nasib di Indonesia dan langsung meledak di musim pertamanya bersama PSS meski sempat diragukan.

Pemain Ukraina berusia 26 tahun tersebut adalah ujung tombak serangan PSS Sleman. Dia tak pernah absen dalam 12 pertandingan yang sudah dilakoni Super Elang Jawa dan mengemas tujuh gol dan satu asis. Sebanyak 47% produktivitas PSS lahir dari gabungan gol dan asis Yevhen.

Yevhen sangat sangkil. Dia memang tak terlalu banyak melepas tembakan. Dalam 12 laga, Yevhen mencoba melepaskan tembakan 27 kali, masih kalah dengan Brian Ferreira yang melepas 40 percobaan tembakan dalam 11 pertandingan. Namun, akurasi sepakan Yehven sangat bagus. Sekitar 52,2% (16 dari 27) percobaan tembakannya mengarah ke gawang dan tujuh di antaranya menjadi gol. Bandingkan dengan akurasi tembakan Brian yang hanya 37,5% (15 dari 40).

Tak ada pemain PSS yang melepas tembakan akurat sebanyak Yevhen, dan tentu saja tak ada pemain PSS yang mencetak gol sebanyak Yevhen sejauh ini.

“Secara individu dia sangat membantu tim sejauh ini,” ucap Seto.

Seto akan terus bergantung kepada Yevhen selama dia tidak cedera dan tak terkena hukuman akibat akumulasi kartu kuning.