Dua Fullback Utama Absen Lawan Perseru Badak Lampung, PSS Bisa Memakai Sistem Wing Back

Kapten PSS Sleman Bagus Nirwanto, untuk kali pertama absen di Liga 1 musim ini. - Instagram/PSS Sleman
07 Agustus 2019 16:02 WIB Jumali & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 18 pemain PSS Sleman bertolak dari Sleman ke Lampung menggunakan pesawat terbang, Rabu (7/8/2019) siang. Super Elang Jawa akan menghadapi sahibulbait Perseru Badak Lampung FC pada pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda Lampung, Jumat (9/8/2019) sore.

Dua fullback utama PSS absen dalam daftar 18 pemain yang dibawa ke Lampung. Bek kiri Derry Rachman terkena hukuman akumulasi kartu, sedangkan bek kanan sekaligus kapten Bagus Nirwanto harus menepi karena cedera hamstring. Bagus tak pernah absen dalam 12 pertandingan dan ketiadaannya akan menjadi kehilangan besar untuk PSS.

Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro menyiapkan Jajang Sukamar dan Junius Bate. Jajang kemungkinan akan menempati pos bek kiri, sedangkan Junius Bate akan mengisi lubang yang ditinggalkan Bagus Nirwanto. Jika dimainkan, Junius Bate akan mencatat debut bersama PSS di Liga 1.

Dalam skuat yang dipersiapkan menghadapi Badak Lampung FC, Seto hanya membawa lima pemain belakang, yakni tiga bek tengah: Asyraq Gufron, Alfonso de La Cruz, dan Ikhwan Ciptady, serta dua fullback: Jajang Sukmara dan Junius Bate. Satu lagi pemain yang bisa menjadi fullback, yakni Irsan Rahman Lestaluhu, tak disertakan dalam tim.

Praktis, jika salah satu dari Jajang atau Junius cedera, Seto harus menyiapkan alternatif lain, entah memasang pemain di luar posisi natural mereka, atau bahkan mengubah formasi dari semula empat bek menjadi tiga bek dan menggunakan skema bek sayap (wing back) alih-alih fullback. Penyerang-penyerang sayap PSS bisa ditarik ke belakang untuk melakoni peran sebagai bek sayap, seperti Irkham Milla, Arsyad Yusgiantoro, dan Haris Tuharea.

Konsekuensinya, Asyraq, Alfonso, dan Ikhwan akan main bersamaan dalam sistem tiga bek. Formula ini belum pernah dipakai PSSI di pertandingan resmi musim ini. Seto selalu menggunakan back four (empat bek) di lini belakang dan hasilnya adalah peringkat kelima klasemen sementara Liga 1 2019 meski Super Elang Jawa jarang mencatat clean sheet.

Di sisi lain, Badak Lampung FC menggelar uji coba melawan tim lokal sebelum menghadapi PSS. Badak Lampung perlu terus memanaskan mesin karena laga pekan laga pekan ke-12 mereka melawan Persela, Sabtu (3/8/2019) ditunda karena alasan keamanan.  

Pelatih Perseru Badak Lampung FC Milan Petrovic cukup puas karena anak asuhnya bisa menang 8-0 dalam uji coba.

“Mereka serius dan sebaik mungkin mengikuti instruksi tim pelatih. Kami menyiapkan tim ini sebaik mungkin untuk menghadapi mereka [PSS Sleman],” ujar Milan Petrovic.

Daftar pemain yang dibawa ke Lampung

Kiper

  1. TRY HAMDANI GOENTARA
  2. EGA RIZKY PRAMANA

Bek

  1. ASYRAQ GUFRAN RACHMADHAN
  2. ALFONSO DE LA CRUZ CALERO
  3. FELISIANUS JUNIUS BATE
  4. IKHWAN CIPTADY MUHAMMAD
  5. JAJANG SUKMARA

Gelandang

  1. DAVE MUSTAINE
  2. WAHYU SUKARTA
  3. GUILHERME FELIPE DE CASTRO
  4. MOH. SIDIK SAIMIMA
  5. BRIAN FEDERICO FERREIRA
  6. NERIUS ALOM

Penyerang

  1. ARSYAD YUSGIANTORO
  2. IRKHAM ZAHRUL MILA
  3. KUSHEDYA HARI YUDO
  4. YEVHEN BOKHASHVILI
  5. HARIS TUHAREA