Advertisement

Meraba Formasi PSS Tanpa Bokhashvili: Mainkan "Hantu" atau False Nine

Jumali & Budi Cahyana
Jum'at, 26 Juli 2019 - 19:02 WIB
Budi Cahyana
Meraba Formasi PSS Tanpa Bokhashvili: Mainkan Yehven Bokhashvili - Antara/Nyoman Budhiana

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro menghadapi situasi sulit menjelang laga melawan Barito Putera pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (27/7/2019) sore. Pemain tertajam Super Elang Jawa, Yevhen Bokhashvili, tidak dalam kondisi bugar dan terancam tak bisa main.

Absennya Bokhashvili adalah kerugian besar untuk anak asuh Seto. Striker kelahiran Ukraina itu adalah salah satu pemain terpenting PSS. Dia selalu diturunkan dalam sembilan laga dan sudah mencetak lima gol. Baha, panggilan Bokhashvili, tak tergantikan.

Advertisement

Baha berbeda dengan Brian Ferreira. Meski menjadi sumber utama kreativitas PSS, Brian bisa ditambal pemain lain ketika PSS kalah 1-3 dari Bali United awal pekan ini. Namun, Baha tak punya pelapis. Musababnya, Kushedya Hari Yudo yang juga bisa ditempatkan sebagai striker sebagaimana Bokhashvili juga absen lantaran cedera. Seto hanya punya satu pemain yang dapat berfungsi sebagai ujung tombak, yakni Rudi Widodo.

Namun, eks striker Persija Jakarta itu bagaikan hantu di skuat Super Elang Jawa. Rudi belum pernah masuk dalam line up pemain PSS hingga pekan kesembilan.

Beberapa waktu lalu, Seto menyatakan Rudi belum menampakkan progres signifikan selama latihan. “Artinya memang kualitasnya belum menunjukkan kelayakan sebagai pemain yang ada di line up,” ujar Seto.

Seto punya alternatif lain, yakni memainkan skema false nine atau striker semu. PSS punya banyak gelandang serang yang bisa didorong ke depan dan melakoni tugas sebagai striker semu.

Penyerang sayap kiri yang juga tak tergantikan, Haris Tuharea bisa digeser menjadi striker. Bahkan, gelandang Ricky Kambuaya maupun gelandang serang Arsyad Yusgiantoro juga bisa main di depan. Namun, skema ini cukup berisiko. Selain belum pernah dicoba di pertandingan resmi, Barito Putera juga sudah bisa memasang Lucas Silva di posisi naturalnya sebagai bek tengah menyusul pulihnya gelandang bertahan Bayu Pradana. Pilihan-pilihan yang dimiliki Seto cukup pelik. Untungnya, tim yang dihadapi PSS besok bukan tim kuat. Meski diperkuat sederet pemain Timnas, Barito Putera kini terjerembab di papan bawah klasemen dan belum pernah mencatat kemenangan dalam lima laga terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement