Advertisement

Prediksi Persebaya vs PSS: Main Atraktif Lagi Super Elja!

Arief Junianto
Sabtu, 29 Januari 2022 - 07:37 WIB
Budi Cahyana
Prediksi Persebaya vs PSS: Main Atraktif Lagi Super Elja! Pemain PSS Sleman menjalani latihan di pantai, Minggu (23/1/2022) pagi. - PSS Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, GIANYAR—Hasil imbang saat berhadapan dengan Madura United pekan lalu menjadi alasan PSS Sleman wajib mengamankan tiga poin saat menghadapi Persebaya di laga lanjutan Liga 1 2021/2022. Terlebih, lawan mereka kali ini dalam kondisi pincang.

Sejak ditangani I Putu Gede, performa skuat Super Elang Jawa (Elja) bisa dibilang membaik. Dengan mengandalkan bola-bola pendek yang cepat, permainan PSS memang bisa lebih atraktif dan ofensif.

Advertisement

BACA JUGA: Ronaldo Kwateh, Bintang Masa Depan Indonesia Didikan Eks Pemain PSIM dan Persiba

Meski begitu, hasil minor masih dialami Bagus Nirwanto dan kolega. Betapa tidak, sejak melakoni tiga laga di putaran II, Super Elja baru mengemas empat poin dari hasil satu kemenangan (lawan Persiraja) dan satu kali imbang (lawan Madura United).

Kali ini, mereka harus menghadapi salah satu kandidat juara BRI Liga 1, Persebaya. Performa apik Bajul Ijo di sejumlah laga sebelum akhirnya takluk dari Bhayangkara FC pekan lalu, menjadi alasan Putu Gede untuk tetap waspada.

“Perasaan saya melawan Persebaya sama seperti bertemu tim lain. Tidak ada hal yang istimewa. Mungkin karena sudah pernah bertemu saat saya melatih Perseru Serui pada 2018," ujar Putu, dilansir dari laman resmi PSS, Jumat (28/1).

Begitu juga soal pincangnya Persebaya akibat ditinggal lima pemainnya yang harus membela Timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday, Putu Gede tak menganggapnya enteng. Diketahui, ada lima pemain Persebaya yang tampil bersama Timnas, yakni Rahmat Irianto, Ernando Ari, Rizky Ridho, Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan. Bahkan kabar terbaru, satu pemain muda mereka, Akbar Firmansyah juga dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Menurutnya kondisi tim Persebaya sama sekali tak menguntungkan Super Elja. "Menurut saya, tidak ada keuntungan untuk kami. Persebaya tetap Persebaya, siapapun yang bermain sama saja. Kualitas pemain mereka juga tidak jauh beda. Tidak adanya pemain timnas di 11 utama tidak memengaruhi penampilan mereka. Menurut saya sama saja," kata Putu.

Saat ini PSS berada di urutan ke-9 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan torehan 25 poin. Sedangkan Persebaya berada di urutan ke-4 dengan torehan 39 poin.

BACA JUGA: Ronaldo Kwateh, Pemecah Rekor Timnas yang Sering Disangka Orang Asing padahal Berlogat Jogja

Selain itu, pemain Timnas era 2000-an ini juga melontarkan pujian kepada Persebaya sebagai tim kandidat juara di gelaran BRI Liga 1 2021/2022 dengan hadirnya pemain asing yang berkontribusi positif.

“Mereka sangat mendukung taktikal gaya bermain Persebaya sekarang ini. Mereka salah satu tim unggulan di tangga juara, pasalnya dari kolektivitas tim, cara bermainnya sangat-sangat mendominasi dalam setiap pertandingan,” kata pria yang memulai karier sepak bolanya di Persebaya Junior itu.

Putar Otak

Sementara di kubu Persebaya, absennya lima pilar membuat Pelatih Persebaya, Aji Santoso harus memutar otak.

Beruntung, bek Timnas Sierra Leone ini kini sudah bergabung kembali bersama skuat Bajul Ijo. Hadirnya kembali Sesay yang bakal dikombinasikan dengan kapten tim Arif Satria bisa jadi angin segar bagi lini belakang Persebaya menahan gempuran pemain PSS yang dikomandani Eduardo Junior (Juninho).

Sementara di lini serang, duo pemain asing, yakni Bruno Moreira dan Taisei Marukawa masih menjadi andalan Aji. Skill individu keduanya bisa menjadi andalan Aji untuk mendobrak pertahanan Super Elja yang dikomandani Aaron Evans.

Untuk posisi ujung tombak, mantan kapten Persebaya itu mengaku kemungkinan menurunkan legiun asingnya asal Belanda, Arsenio Valpoort sejak menit awal. Dia mengaku penyerang berusia 29 tahun itu telah siap bermain sejak awal setelah baru bergabung dalam beberapa pekan terakhir. Dia juga telah memberikan menu latihan ekstra kepada Valpoort.

"Yang pasti kami telah persiapkan komposisi pemain untuk menggantikan Marselino sama Kambuaya. Hanya saja, kami masih melihat kondisi terakhir sampai besok siang. Sudah kami siapkan sejak latihan di persebaya, sebelum kembali ke Bali," kata Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement