Messi Tinggalkan Barcelona & Merapat ke PSG, Ini Nilai Kontraknya

Persahabatan adalah yang terbaik dimiliki oleh pemain sepakbola. Demikian cuitan akun Twitter Copa America menarasikan foto antara Lionel Messi dan Neymar Jr. - akun Twitter Copa America
07 Agustus 2021 15:57 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Bintang Barcelona, Lionel Messi, dipastikan merapat ke kub asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Messi dikabarkan menyetujui kontrak dengan salah satu klub papan atas Liga Prancis tersebut.

Kabar itu diungkapkan sejumlah media olahraga dunia, dengan menyertakan detail kontrak dan gaji dengan versi berbeda

Dilansir dari Tempo, media Prancis, L’Equipe, melaporkan bahwa Lionel Messi sudah setuju untuk bergabung dengan PSG. Di klub Liga Prancis itu dia akan dikontrak selama tiga tahun, dengan nilai US$ 47 juta (Rp 722 miliar) per musim.

BACA JUGA : Pernyataan Presiden Barca, Terima Kasih Messi, Silakan Cari Klub Lain

Sementara, media Italia, Football Italia, meyakini kesepakatan juga sudah tercapai. Namun mereka menyatakan kontrak Messi di PSG hanya akan berlangsung dua tahun dengan gaji sebesar 40 juta euro (Rp 679 miliar) per musim.

Media olahraga lain, The Athletic, mengklaim bahwa Messi menghubungi Mauricio Pochettino, pelatih PSG, secara langsung untuk membahas kepindahannya. Sedangkan Forbes, menyebut ayah Messi yang juga agennya bertemu PSG Jumat malam.

Media tersebut juga menyebutkan bahwa PSG sudah “menjelajahi jalan dengan mitra komersial untuk memaksimalkan peluang” merekrut pemain dunia itu. Mereka juga menghitung “bahwa penandatanganan Messi membawa lebih banyak daripada biayanya.”

BACA JUGA : Messi-Barca Resmi Bubar Jalan, Sang Megabintang Menuju PSG

Telefoot, seperti dikutip The Mirror, melaporkan, Messi sempat ditawari memakai jersey nomor 10 yang kini dipakai Neymar, mantan rekannya di Barcelona. Pemain Argentina itu menolak dan disebutkan akan memakai nomor 19.

Sementara itu, jurnalis terkemuka Prancis, Mohamed Bouhafsi, juga menyatakan bahwa Messi telah memilih PSG sebagai tujuan berikutnya. Ia akan mendapat kontrak dua tahun dengan tambahan tahun opsional. Kontrak kemungkinan sudah bisa disepakati akhir pekan ini.

Pada pemberitaan lain, Football Italia juga mendapatkan konfirmasi tak langsung. Mereka mendapati cuitan dari Pangeran Qatar, Khalifah Bin Hamad Al-Thani, kerabat dekat petinggi PSG Nasser Al-Khelaifi, yang mengumumkan Lionel Messi akan bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Bangsawan Qatar itu mengunggah foto Messi mengenakan jersey Paris Saint-Germain, yang merupakan hasil rekayasa. Ia menambahkan dengan kalimat, “Negosiasi secara resmi selesai. Dan segera diumumkan.”

Akun tersebut memiliki centang biru, yang berarti telah diverifikasi. Al-Thani adalah salah satu pendiri Otoritas Investasi Qatar, yang membeli Paris Saint-Germain. Dia adalah Emir Qatar dari 1995 hingga 2013, sebelum turun tahta dan menyerahkan kekuasaan kepada putranya.

Masih banyak kabar lain yang beredar. Salah satunya, yang belum terkonfirmasi dan masih layak dipertanyakan, menyebutkan PSG telah memesan Menara Eiffel untuk upacara presentasi khusus Lionel Messi pada 10 Agustus.

Akun twitter TNT Sports sempat memposting gambar tiruan Messi dalam kaus PSG yang memeluk Neymar dalam sebuah selebrasi. Akun resmi Neymar langsung 'menyukai' postingan tersebut.

Kini, konfirmasi dari PSG atau kubu Messi masih dinantikan. Yang jelas, sejak awal PSG sudah disebutkan merupakan klub yang paling mungkin merekrut Messi.

Manchester City, yang juga dikaitkan dengan Messi, dinilai akan susah untuk merekrutnya karena baru mengucurkan dana besar untuk mendatangkan Jack Grealish dan sedang mengincar Harry Kane. Saat ini pesaing utama PSG adalah Chelsea, yang memiliki dukungan dana dari Roman Abramovich.

BACA JUGA : Dortmund Gerak Cepat Tanggapi Situasi Messi

Kontrak Lionel Messi dengan Barcelona sudah berakhir sejak bulan lalu. Negosiasi kontrak baru yang dilakukan, dan sudah disepakati, tak bisa dieksekusi karena Barcelona, yang tengah mengalami masalah keuangan, tak bisa memenuhi ketentuan pembatasan gaji atau salary cap yang ditetapkan La Liga Spanyol.

Sumber : Antara