Liga Inggris: Tottenham Terancam Gagal ke Liga Europa

Dua pemain andalan Aston Villa, Ollie Watkins (depan kiri) dan Jack Grealish (kanan belakang), merayakan gol ke gawang Tottenham Hotspur. - PremierLeague.com
20 Mei 2021 09:37 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tottenham Hotspur terancam gagal finis di posisi keenam klasemen Liga Primer Inggris, slot terbawah untuk lolos ke Liga Europa musim depan, setelah di kandang sendiri menyerah 1–2 dari Aston Villa.

Dalam pertandingan pekan ke-37 pada Kamis (20/5/2021) dini hari WIB di Stadion Tottenham di London, tuan rumah unggul lebih dahulu lewat gol Steven Begwijn pada menit ke-8. Namun, keunggulan itu pada akhirnya berujung kekalahan setelah tamu dari Birmingham berhasil melesakkan dua gol balasan.

BACA JUGA : Tundukkan Tottenham, Manchester City Juara Piala Liga

Tekanan Villa memaksa pemain Tottenham Sergio Reguilon menjebol gawang sendiri pada menit ke-20 sehingga skor imbang 1–1. Gol kemenangan Villa dilesakkan Ollie Watkins 7 menit menjelang wasit Craig Pawson mengakhiri babak pertama dan skor 1–2 bertahan hingga pertandingan selesai.

Kemenangan ini sejatinya tak punya arti penting bagi Villa. Tim asuhan Dean Smith sudah aman dari potensi degradasi dan di sisi lain tak mungkin lagi finis di zona kompetisi Eropa. Villa kini ada di setrip ke-11 klasemen sementara dengan nilai 52.

Sementara itu, Tottenham memang masih menduduki slot keenam klasemen sementara Liga Primer dengan nilai 59, tetapi posisinya sangat rentan melorot apabila West Ham United memetik kemenangan atas tuan rumah West Bromwich Albion, yang sudah dipastikan degradasi ke Championship.

Pertandingan West Bromwich Albion melawan West Ham United di Stadion The Hawthorns baru saja dimulai baru dimulai ketika berita ini ditayangkan.

BACA JUGA : Mourinho Dipecat Tottenham, Ini Favorit Penggantinya

Perolehan nilai West Ham United saat ini 59. Dengan demikian, kalau West Ham seri saja di West Brom, posisi Tottenham akan turun satu setrip dan West Ham naik ke peringkat keenam.

Masalah bagi Tottenham, yang untuk sementara ditangani Ryan Mason sepeninggal Jose Mourinho yang dipecat, karena kalau nilainya sama dengan West Ham di ujung kompetisi, mereka kalah head-to-head.

Kompetisi di seluruh level di Inggris mengedepankan selisih gol dalam susunan klasemen yang tidak menentukan posisi tertentu. Namun, begitu nilai kedua tim atau lebih sama dan itu menyangkut juara, degradasi, atau tiket ke kompetisi Eropa, head-to-head dikedepankan dibandingkan dengan selisih gol.

Tambahan masalah lagi bagi Tottenham adalah dalam pertandingan terakhir yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (23/5/2021) mulai pk. 22.00 WIB, harus bertandang ke markas Leicester City, yang wajib menang untuk bertahan di zona tiket Liga Champions.

Sebaliknya bagi West Ham, pada saat bersamaan pasukan David Moyes hanya menjamu Southampton yang tak ada lagi tekanan untuk memenangkan pertandingan lantaran telah aman dari jeratan degradasi dan di sisi lain secara matematis tak bisa lagi finis di slot tiket kompetisi Eropa.

BACA JUGA : Terjegal di Markas Newcastle, Tottenham Hanya Meraih Hasil 

Ancaman lengsernya Tottenham dari slot Liga Europa bukan hanya datang dari West Ham, tetapi juga dari Everton yang menang 1–0 atas Wolverhampton Wanderers. Berkat kemenangan itu, Everton kini juga mendulang nilai 59.

Hasil sementara pertandingan pekan ke-37: Manchester United 1 vs Fulham 1; Southampton 0 vs Leeds United 2; Brighton 3 vs Manchester City 2; Chelsea 2 vs Leicester City 1; Everton 1 vs Wolverhampton 0; Newcastle United 1 vs Sheffield United 0; Tottenham Hotspur 1 vs Aston Villa 2.

Sumber : BBC