Liga Inggris: Chelsea Berpeluang Besar ke Liga Champions

Pelukan kemenangan pemain Chelsea atas Leicester City yang berharga tiket Liga Champions. - Twitter@ChelseaFC
19 Mei 2021 08:37 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Chelsea membuka lebar peluang untuk finis di posisi empat besar Liga Primer Inggris yang merupakan zona tiket Liga Champions Eropa setelah menundukkan tamunya Leicester City dengan skor tipis 2–1.

Bertarung dalam pertandingan pekan ke-37 Liga Primer Inggris di Stadion Stamford Bridge di London pada Rabu (19/5/2021) dini hari WIB, ketiga gol terjadi pada babak kedua.

Antonio Rudiger membuka keunggulan skuad asuhan Thomas Tuchel ketika babak kedua baru berjalan 2 menit. Tuan rumah menggandakan keunggulan lewat penalti Jorginho pada menit ke-66.

BACA JUGA : Dipermalukan AC Milan 3 Gol Tanpa Balas, Juventus Keluar

Wasit Mike Dean memutuskan penalti setelah menyaksikan tayangan video asisten wasit (VAR) untuk memastikan bahwa pelanggaran yang dilakukan bek Leicester Wesley Fofana terhadap penyerang Chelsea Timo Werner terjadi di dalam area terlarang.

Leicester City hanya bisa memasok sebiji gol balasan lewat Kelechi Iheanacho pada menit ke-76, berselang 16 menit setelah dia masuk menggantikan James Maddison.

Dengan hasil ini, Chelsea naik satu setrip ke posisi ketiga klasemen sementara dengan nilai 67, berjarak hanya 1 poin dari Leicester (66) yang sebaliknya turun satu setrip.

Chelsea belum sepenuhnya aman untuk bertarung di Liga Champions, tapi peluang terbuka lebar karena di matchday ke-38 atau terakhir pada Minggu (23/5/2021) malam WIB hanya jumpa Aston Villa yang tak lagi punya kepentingan apa pun sebab sudah aman dari degradasi dan di tak lagi bisa finis di zona Eropa.

Bagi Leicester, pasukan asuhan Brendan Rodgers akan keluar empat besar apabila Liverpool (63) berhasil memetik kemenangan atas Burnley pada Kamis (20/5/2021) dini hari WIB. Jika nilai Liverpool dan Leicester City sama, Liverpool berhak di posisi lebih tinggi karena unggul head-to-head 4–3.

Ketentuan di kompetisi sepak bola di Inggris di semua level, jika nilai dua tim atau lebih sama tetapi tidak dalam keadaan menentukan juara atau tiket ke kompetisi Eropa, didahulukan perhitungan selisih gol. Namun, jika menentukan juara atau tiket Eropa, hasil head-to-head yang didahulukan.

Apabila pada akhirnya Leicester City terlempar dari posisi empat besar, ini mengulangi nasib serupa musim lalu ketika mereka gagal bertahan di zona tiket Liga Champions di ujung kompetisi akibat menelan kekalahan di dua pertandingan terakhir.

Dalam pertandingan lainnya pada Rabu dini hari WIB ini, Manchester City yang telah dipastikan juara dikalahkan tuan rumah Brighton & Hove Albion dengan skor tipis 2–3 di Stadion Amex di Falmer, East Sussex.

BACA JUGA : Liverpool Bersiap Menghadapi Final Liga Champions

City memimpin 0–2 terlebih dahulu lewat gol-gol Ilkay Gundogan (2’) dan Phil Foden (48’), tetapi dibalas Brighton tiga gol yang dicetak Leandro Trossard (50’), Adam Webster (72’), dan Danel Burn (76’).

Hampir sepanjang pertandingan City bermain dengan 10 orang, karena bek Joao Cancelo kena kartu merah pada menit ke-10 akibat menahan laju penyerang Brighton Danny Welbeck sedikit di luar kotak penalti ketika mantan pemain Manchester United, Arsenal, dan Watford itu berpeluang mencetak gol.

Hasil pertandingan ini tak berpengaruh apa pun bagi kedua tim. City sudah pasti juara dan sekarang mengoleksi nilai 83, sedangkan Brighton di posisi ke-15 dengan nilai 41.

Sementara itu, dalam pertandingan yang hasilnya juga tidak terlalu penting lagi, Manchester United bermain imbang 1–1 ketika menjamu Fulham. MU membuka skor lewat Edinson Cavani pada menit ke-15 dan dibalas Fulham melalui kontribusi Joe Bryan 15 menit menjelang pertandingan selesai.

Bagi MU, dengan nilai 71, hasil ini memastikan mereka finis di posisi kedua karena nilainya dengan Chelsea berjarak 4 dengan sisa satu pertandingan lagi. Bagi Fulham, apa pun hasil pertandingan ini tak berguna lagi karena mereka telah dipastikan degradasi ke Championship (divisi 2).

Di pertandingan lainnya di Stadion St. Mary, Leeds United menundukkan tuan rumah Southampton 2–0 yang hasilnya pun tak lagi berpengaruh bagi kedua tim. Leeds (56) kini di setrip kedelapan, sedangkan Southampton (43) di posisi 14.

Sumber : PremierLeague.com