Barcelona Calon Kuat Juara Liga Spanyol, Ini Alasannya

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman - AS English
23 Maret 2021 06:17 WIB JIBI Sepakbola Share :

Harianjogjacom, JAKARTA - Kemenangan telak 6-1 atas Real Sociedad di Reale Seguros Stadium, Senin (22/3/2021), membuat Barcelona menjadi penantang kuat dalam perburuan gelar juara La Liga. Di bawah Ronald Koeman, Lionel Messi dan kolega menunjukkan kekuatan yang tidak tampak di awal musim 2020/2021 atau sekitar tujuh bulan lalu.

Tim asal Catalan mampu menyesuaikan diri dan Koeman tampak telah menemukan resep yang berhasil meramu komposisi pemain yang ada di Barcelona. La Braugana sedang dalam performa terbaik yang membuat mereka tampil sebagai pesaing gelar yang serius di La Liga Santander.

BACA JUGA : Calon Presiden Barcelona Berjanji Pertahankan Messi

Barcelona memiliki kembali karakter dan kepercayaan diri. Mereka telah memenangkan 37 dari 39 poin sejak awal 2021. Mereka juga telah mencapai final Copa del Rey. Berikut sejumlah alasan Barcelona menjadi kandidat kuat untuk menyabet gelar La Liga.

Formasi Bek Sayap Lebih Menyerang
Koeman telah mulai menggunakan formasi 3-5-2 baru-baru ini, yang memungkinkan bek sayap Barcelona untuk maju sesuka hati. Jordi Alba dan Sergino Dest menunjukkan kemampuan mereka dalam menyerang di Reale Arena di mana Alba memberikan assist dan Dest mencetak dua gol.

Frenkie de Jong Menyatukan Pertahanan
Formasi tersebut memungkinkan bek tengah untuk bermain lebih dekat satu sama lain, yang tampaknya telah membantu mereka menghilangkan beberapa kesalahan yang dilakukan di awal musim. Sekarang, para pemain bertahan lebih bisa melindungi satu sama lain. Pemain lawan pun hanya memiliki sedikit ruang dan peluang. Di sinilah peran De Jong yang mampu menjadi penyambung dan distributor umpan dari lini belakang ke lini depan.

BACA JUGA : Kontrak Lionel Messi Dipublikasikan, Barcelona Ambil

Sergio Busquets Lebih Sedikit Bergerak
Salah satu masalah lama adalah Busquets memiliki terlalu banyak tempat untuk dibahas. Sekarang garisnya lebih dekat satu sama lain dan dia menderita jauh lebih sedikit dari sebelumnya, sementara juga dibebaskan dalam serangan.

Kebebasan untuk Lionel Messi dan Ousmane Dembele
Keduanya menikmati ruang dalam serangan dalam menerobos pertahanan lawan. Terbukti melalui 24 gol Lionel Messi di musim 2021 sejauh ini dan menempatkannya dalam kondisi terbaiknya dalam sistem 3-5-2 Koeman.

Ketekunan Koeman
Pelatih asal Belanda tidak pernah menyerah. Dia terus-menerus mencari peningkatan tim dan berhasil memenangkan hati anggota skuadnya. Dia memainkan pemain yang pantas bermain dan menjatuhkan mereka yang tidak. Meritokrasi itu telah memenangkan kepercayaan dalam tim.

BACA JUGA : Messi Berikan Suara Kepada Laporta untuk Pimpin Barcelona

Mempercayai Pemain Muda
Ronald Koeman tidak ragu untuk memainkan anak-anak muda. Dia melakukannya berkali-kali tanpa rasa takut. Pedri, Ronald Araujo, Dest dan Oscar Mingueza semuanya datang dan mampu bersinar bersama Barcelona musim ini.