Calon Presiden Barcelona Berjanji Pertahankan Messi di Barca

Pemain Barcelona, Lionel Messi - REUTERS/Sergio Perez
12 Januari 2021 06:37 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Calon Presiden Barcelona, Joan Laporta berharap Lionel Messi bertahan di Barca dan bermain di Stadion Camp Nou yang baru. Laporta menegaskan bahwa mempertahankan megabintang asal Argentina itu bakal menjadi prioritas utamanya bila ia terpilih kembali.

Spekulasi tentang masa depan Messi makin sering diperbincangkan karena kontraknya saat ini bersama Blaugrana hanya tersisa enam bulan lagi.

Pemain berusia 33 tahun itu sempat bertekad meninggalkan Camp Nou di bursa musim panas 2020, tetapi akhirnya mengurungkan niat usai terancam dibawa ke ranah hukum oleh Barcelona dan La Liga.

BACA JUGA : Barcelona Bisa Merana di 16 Besar Liga Champions

Namun, ia sekarang bebas untuk berbicara dengan klub lain sebelum kemungkinan pergi sebagai pemain bebas transfer pada akhir musim.

Messi sendiri belakangan mengungkapkan bahwa ia tertarik untuk mendapatkan tantangan baru di Major Leage Soccer (MLS).

Paris Saint-Germain dan Manchester City telah dikaitkan menjadi tujuan berikutnya untuk Messi, yang mengatakan pada September lalu bahwa ia ingin pindah dari Catalunya karena kekhawatiran timnya tidak lagi mampu bersaing untuk mendapatkan trofi tertinggi.

Laporta adalah presiden Barcelona saat Messi menjalani debutnya di tim senior klub pada 2004, dan ia dapat terpilih lagi akhir bulan ini.

Salah satu misi Laporta bila terpilih nanti adalah mempertahankan Messi dan memastikannya bermain di lingkungan yang akrab.

Rencana untuk merenovasi ulang Camp Nou dengan kapasitas 105.000 telah disusun, dan proyek tersebut direncanakan selesai saat perayaan ulang tahun ke-125 klub pada 2024.

Laporta ingin Messi menjadi sosok terdepan ketika era baru dimulai, seperti yang dikatakan Laporta dalam sebuah wawancara.

"Saya berharap kami bisa merayakan ulang tahun ke-125 di Camp Nou yang baru dan Leo bersama kami. Masalah stadion tidaklah mudah karena butuh dua tahun untuk membangunnya," ujarnya kepada Goal, Senin (11/1/2021).

BACA JUGA : Nestapa Barcelona, Hanya Berjarak 3 Angka dari Jurang

"Masalah Leo lebih mudah daripada stadion. Akan sangat menyenangkan bisa merayakan ulang tahun ini bersama Messi, itu akan menjadi kembang api terakhir yang bagus."

Saat ditanya mengapa ia adalah orang yang paling tepat untuk meyakinkan Messi agar tetap bertahan di Barca, Laporta mengakui ia adalah kandidat paling berpengalaman dan memiliki tekad yang tinggi.

"Karena saya mengatakan yang sebenarnya, saya orang dengan pengalaman dan tekad paling besar, serta paling kredibilitas di matanya (Messi). Itu membuat saya bangga saat ia memberi tahu saya bahwa semua yang saya katakan kepadanya telah terpenuhi."

"Ini memberi saya posisi dan, bila saya presiden Barcelona, dan itu salah satu alasannya, saya akan melihat apa yang bisa saya tawarkan kepadanya dalam kemungkinan klub dalam hal keuangan dan minat Leo dari perspektif olahraga."

"Ia ingin memenangkan Liga Champions lagi bersama Barca dan kami harus membuatnya melihat bahwa ini akan mungkin terjadi."

Laporta mengatakan bahwa mempertahankan Messi adalah tujuan utamanya, tetapi juga berjanji Barcelona akan terus berkembang semakin kuat bila ia memutuskan pergi di akhir tahun.

"Ini sangat penting, pada level prioritas. Para pemain hebat telah melewati Barcelona, yang terbaik dalam masanya, tetapi Leo spesial," tambahnya.

"Ia adalah terbaik di dunia dan tentunya dalam sejarah, itulah sebabnya ia sangat dihargai. Masalah ini sangat penting bagi Barca sehingga kami harus melakukan apa pun untuk menjaga harmoni."

"Bila itu gagal, kami cepat atau lambat harus menerimanya. Ia masih memiliki perjalanan panjang di sepak bola elite, tetapi karier olahraga semua orang berakhir, sementara Barca terus berlanjut."

Sumber : Antara