MU Vs Milan: Sejumlah Fakta Menarik Pertandingan MU vs AC Milan

Tiga andalan Manchester United yakni Bruno Fernandes (kiri), Marcus Rashford (tengah), dan Anthony Martial./Antara - Reuters
11 Maret 2021 04:27 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Laga pertama babak 16 besar Liga Europa antara Manchester United vs AC Milan akan berlangsung pada Jumat (12/3/2021) dini hari di Stadion Old Trafford.

MU dan Milan yang sama-sama memiliki julukan Setan Merah itu memiliki sejarah pertemuan yang cukup panjang.

AC Milan dan Manchester United pertama kali bertemu di ajang Piala Eropa pada musim 1957-1958. Mereka sempat lebih dari satu dekade tak bertemu dan kemudian bertemu laga pada musim 1968-1969.

Setelah itu kedua Setan Merah ini sempat tak pernah bertemu selama nyaris empat puluh tahun. Mereka baru bertemu lagi setelah Piala Eropa berubah nama menjadi Liga Champions, yaitu pada musim 2004-2005.

BACA JUGA : Liga Italia: Permalukan Verona, AC Milan Kembali ke Jalur

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada babak 16 besar Liga Champions musim 2009-2010.

Persaingan panjang kedua tim itu menghasilkan sejumlah data statistik yang menarik untuk dilihat. Berikut data statistiknya:

1. Kedua tim pernah 10 kali bertemu sebelumnya. Akan tetapi laga kali ini akan pertama kalinya mereka bertemu di ajang Liga Europa. 10 laga sebelumnya terjadi di Liga Champions dan Piala Eropa. Menariknya, pertemuan kedua tim tak pernah berakhir imbang.

2. Manchester United merupakan tim asal Inggris yang paling sering dihadapi AC Milan di kompetisi Eropa. Sementara United lebih sering berjumpa dengan Juventus, yaitu sebanyak 14 kali.

3. Kedua tim berbagi 5 kemenangan dari 10 pertemuan tersebut. Akan tetapi AC Milan mampu empat kali menyingkirkan Manchester United dari ajang Liga Champions dan Piala Eropa sementara Manchester United hanya sekali menyingkirkan AC Milan.

Catatan itu menjadikan AC Milan, bersama Real Madrid, sebagai tim yang paling sering menyingkirkan Manchester United di babak gugur kompetisi Eropa.

4. AC Milan memiliki catatan buruk kala bertandang ke Stadion Old Trafford. Dari lima lawatan, mereka hanya meraih satu kemenangan dan empat kali kalah.

BACA JUGA : 16 Besar Liga Europa: MU vs Milan, Olympiakos vs Arsenal

5. Wayne Rooney menjadi pemain paling subur dalam sejarah pertemuan kedua tim. Dari enam kali membela United menghadapi AC Milan, Rooney mencetak enam gol. Semua laga dimana Rooney mencetak gol selalu berakhir untuk kemenangan Manchester United.

Laga pertama babak 16 besar Liga Eropa antara Manchester United vs AC Milan akan berlangsung pada Jumat dinihari 00.55 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.