Lolos ke Perempat Final FA Cup, ManCity & Everton Susul MU

Pemain depan Manchester City Raheem Sterling - Premier League
11 Februari 2021 10:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester City, Everton, Leicester City, dan Sheffield United melaju ke perempat final Piala FA (Football Association) setelah menaklukkan lawan-lawan mereka dalam pertandingan pada Kamis (11/2/2021) dini hari WIB.

ManCity menundukkan tuan rumah Swansea City, klub Championship (divisi 2), dengan skor 3–1 di Stadion Liberty di Swansea berkat gol-gol Kyle Walker (30’), Raheem Sterling (47’), dan Gabriel Jesus (50’).

Sementara itu, Everton mengatasi tamunya Tottenham Hotspur 5–4 di Goodison Park di Liverpool. Gol kemenangan tuan rumah terjadi pada menit ke-7 babak tambahan lewat gol Bernard Anicio setelah selama waktu reguler 90 menit skor imbang 4–4.

BACA JUGA : Manchester United Kehilangan Momentum

Spours mencetak gol cepat pada menit ke-3 lewat kontribusi Davinson Sanchez, tapi Everton memberikan tiga gol balasan melalui Dominic Calvert-Lewin (36’), Richarlison de Andrade (38’), dan dan penalti Gylfi Thor Sigurdsson (43’).

Sebelum babak pertama usai, pada injury time, tim tamu dari London sempat menghasilkan gol kedua melalui aksi Erik Lamela sehingga skor saat rehat 3–2 untuk Everton.

Memasuki babak kedua, pada menit ke-53, barulah pelatih Jose Mourinho memasukkan ujung tombak Harry Kane.

Pada menit ke-57 Davinson Sanchez mencetak gol keduanya sehingga skor imbang 3–3, tapi Everton memulihkan keunggulan menjadi 4–3 kembali lewat gol Richarlison 11 menit kemudian.

BACA JUGA : MU Kalah di Kandang Sendiri, Solskjaer Salahkan Lini Depan 

Pada menit ke-77 Mourinho lantas juga memasukkan Dele Alli, yang selama ini bukan pilihan pelatih asal Portugal itu, untuk menggantikan Steven Bergwijn.

Spurs kemudian berhasil menyamakan skor menjadi 4–4 berkat gol Harry Kane pada menit ke-83 yang bertahan hingga wasit David Coote memngakhiri permainan waktu reguler 90 menit.

Dengan demikian, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2 x 15 menit dan Bernard menjadi pahlawan tim asuhan Carlo Ancelotti dengan golnya pada menit ke-97 dan skor 5–4 bertahan hingga laga 120 menit selesai.

Dua pertandingan lainnya yang berlangsung pada Jumat dini hari WIB, Leicester City mengatasi Brighton dan Sheffield United mengalahkan Bristol City masing-masing 1–0.

Babak 16 besar FA Cup masih menyisakan dua pertandingan lagi yaitu Wolverhampton Wanderers menjamu Southampton dan Barnsley versus Chelsea—runner-up musim lalu—yang dijadwalkan digelar pada Jumat (12/2/2021) dini hari WIB.

BACA JUGA : MU Kalah, Martial & Tuanzebe Jadi Korban Pelecehan Rasial

Sebelumnya, Manchester United dan Bournemouth telah memastikan lolos ke perempat final. MU merupakan 12 kali juara Piala FA (Football Association), hanya lebih sedikit dari Arsenal yang merengkuhnya 14 kali. Sementara itu, Chelsea meraih gelar juara delapan kali, sama dengan Tottenham Hotspur.

Arsenal tampil sebagai juara musim lalu, tetapi skuad asuhan Mikel Arteta itu musim ini telah tersingkir di putaran keempat atau 32 besar, menyerah dari Southampton 0–1 pada 23 Januari lalu.

Sumber : TheFA.com & BBC