Barcelona Bisa Merana di 16 Besar Liga Champions

Philippe Coutinho, Andu Fati, dan Lionel Messi, trisula andalan Barcelona. - Instagram @fcbarcelona
10 Desember 2020 23:37 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BARCELONA—Barcelona harus bersiap menghadapi laga berat di babak 16 besar Liga Champions setelah gagal mempertahankan status juara Grup G pada pekan terakhir babak penyisihan. Hal itu menyusul kekalahan menyakitkan tiga gol tanpa balas dari Juventus di Camp Nou, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB. Finis sebagai runner up sangat ironis mengingat Barca sejatinya bisa tetap menjadi juara grup meski kalah 0-2.

Namun Juve yang keok 0-2 dalam pertemuan pertama di Turin mampu menyelesaikan misi hampir mustahil tersebut. Meski poin Juve dan Barca sama-sama 15, Si Nyonya Tua berhak di singgasana karena keunggulan head to head. Predikat runner up menempatkan Barca pada situasi serba sulit. Lionel Messi dkk. berpotensi bertemu tim-tim kuat pada fase gugur seperti Bayern Munich, Manchester City, Liverpool dan Chelsea.

Keempat tim tersebut telah menyegel status juara grup dan akan menghadapi runner up grup lain. Bagi Barca, bertemu kembali dengan Bayern adalah mimpi buruk. Luka kekalahan 2-8 di perempat final Liga Champions musim lalu agaknya belum pulih. Hasil memalukan itu bahkan disebut ikut memengaruhi kepercayaan diri Barcelona menghadapi musim ini.

Adapun duel melawan City, Liverpool dan Chelsea juga tidak mudah karena trio Inggris itu memiliki performa relatif stambil. Barca sendiri punya kenangan pahit saat bersua Liverpool. Dua musim lalu, Barca gagal lolos ke final Liga Champions karena membuang keunggulan 3-0 yang diraih di Camp Nou. Duel melawan Chelsea pun bakal menjadi ancaman karena komposisi The Blues dianggap lebih baik dari Blaugrana musim ini.

Saat menjamu Juve, Pelatih Barcelona Ronald Koeman merasa timnya kehilangan agresivitas yang diperlukan untuk memetik kemenangan. “Sepertinya kami menghadapi pertandingan dengan tujuan agar tidak kalah, bukannya coba mengendalikan kemenangan,” rutuk Koeman dilansir Sport, Rabu. Bintang Juve, Cristiano Ronaldo, pun menghukum tuan rumah dengan dua gol yang dicetak dari titik putih. Juve memperbesar keunggulan via gol cantik Weston McKennie. Tak terkawal di kotak penalti, McKennie menyambut umpan empuk Juan Cuadrado dengan tendangan voli sambil terbang.