Nestapa Barcelona, Hanya Berjarak 3 Angka dari Jurang Degradasi

Lionel Messi - Instagram @leomessi
07 Desember 2020 16:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, CADIZ—Upaya Barcelona menuju singgasana Liga Primera kian jauh dari jangkauan setelah mereka dipermalukan Cadiz dengan skor 1-2 di Stadion Ramos de Carranza, Minggu (6/12/2020) dini hari WIB. Hasil itu membuat Barca tertahan di posisi tujuh, tertinggal 12 angka dari Atletico Madrid di puncak klasemen sementara. Lionel Messi dkk. kini pun hanya berjarak tiga poin dari zona degradasi.

Dilansir Opta, 14 poin yang diperoleh Barca saat ini menjadi start terburuk klub dalam 10 pertandingan pertama dalam semusim sejak 1987/1988. Saat itu Blaugrana hanya memetik 13 poin dalam periode yang sama. Kekalahan dari Cadiz menjadi yang keempat bagi Barca di kompetisi domestik musim ini. Sebelumnya, Los Cules tumbang di tangan Getafe 0-1, Real Madrid 1-3, dan Atletico 0-1. “Ini adalah sebuah langkah mundur yang sangat besar untuk bersaing demi gelar. Saya sangat kecewa,” ujar Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, seperti dilansir Marca, Minggu.

Meneer Koeman pantas murka. Timnya kalah karena kecerobohan sendiri saat membuat dua blunder di lini pertahanan. Gol pertama Cadiz tercipta karena sundulan Oscar Mingueza nyaris jadi gol bunuh diri. Sundulan Mungueza bisa ditepis Marc-Andre Ter Stegen, tapi bola liar disambar Alvaro Gimenez di menit kedelapan.

Sedangkan gol kedua tuan rumah di menit ke-63 terjadi lantaran Clement Lenglet gagal mengantisipasi lemparan ke dalam Jordi Alba. Bola langsung direbut Alvaro Negredo yang mengecoh Ter Stegen untuk mencetak gol. Barca hanya mampu mencetak satu gol, itu pun dari gol bunuh diri Pedro Alcala di awal babak kedua. “Mereka [Atletico] punya banyak keunggulan poin. Kalau kami tidak meningkatkan sikap kami di laga-laga tandang, tidak ada yang bisa dikatakan lagi,” sungut pelatih asal Belanda itu.

Bagi Cadiz, kemenangan atas Barca semakin meneguhkan mereka sebagai pembunuh raksasa. Sebelumnya Real Madrid lebih dulu menjadi korban tim promosi tersebut setelah dibekuk 0-1 di Stadion Alfredo di Stefano, pertengahan Oktober. Tambahan tiga angka membuat tim asuhan Alvaro Cervera bertengger di peringkat kelima dengan 18 poin dari 12 laga.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia