Advertisement

Jogja Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Newswire
Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
Jogja Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 Stadion Mandala Krida - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PSSI menetapkan enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. Stadion Mandala Krida terpental dari daftar.

“Surat untuk enam stadion tersebut sudah masuk ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (26/6/2020) malam.

Advertisement

Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar). Stadion Mandala Krida di Kota Jogja yang sebelumnya masuk dalam enam stadion penyelenggara Piala Dunia akhirnya batal digunakan.

BACA JUGA: Serie A Liga Italia Tak Lagi Disiarkan di Indonesia & Dunia, Ini Alasan dan Cerita di Baliknya

Menurut Iriawan, enam stadion tersebut menjadi representasi dari beberapa wilayah di Indonesia dan telah berpengalaman menggelar pertandingan-pertandingan internasional seperti Asian Games 2018.

“Jadi nanti tinggal Kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] yang segera merevitalisasi stadion-stadion tersebut. Namun untuk stadion seperti SUGBK [Stadion Utama Gelora Bung Karno] dan Manahan, tinggal perbaikan sedikit,” tutur dia.

Selain itu, stadion-stadion tersebut juga perlu dilengkapi dengan lima stadion di sekitarnya yang digunakan untuk tempat latihan tim peserta dan wasit. “Mudah-mudahan pemerintah dan Kementerian PUPR dapat segera menyelesaikan pembangunannya karena waktu sudah mendesak. Semoga bulan Februari atau Maret 2021 sudah bisa selesai agar siap dua bulan sebelum Piala Dunia U-20,” kata Iriawan.

BACA JUGA: Berusia 15 Tahun, Remaja Ini Jadi Pemain Termuda di La Liga

Piala Dunia U-20 tahun 2021 digelar di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021. Sebelum menentukan enam stadion tersebut, PSSI mengajukan 11 kandidat stadion untuk Piala Dunia U-20. Dengan ditetapkannya enam stadion, lima stadion yang tidak terpilih adalah Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida, Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

Keterangan dari Iriawan sekaligus menganulir pernyataan Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto pada awal tahun ini.

BACA JUGA: Liverpool Juara, Ini Komentar Figur Penting dalam Sejarah The Reds

Pada 23 Januari lalu, Gatot menyebut enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun depan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari, Stadion Manahan, Stadion Manala Krida, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta. Gatot mengumumkan enam stadion penyelenggara berdasarkan risalah rapat Piala Dunia FIFA U-20 2021.

Selain Mandala Krida, Stadion Pakansari juga terpental dari daftar tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

Sementara, PSSI juga terus menyiapkan tim nasional untuk Piala Dunia U-20. Skuat yang diproyeksikan untuk kejuaraan itu adalah Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong yang akan berlaga di Piala Asia U-19 tahun 2020 pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024

Olahraga
| Minggu, 21 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement