Kewalahan Jaga Pluim, PSS Tertinggal 0-2 dari PSM di Babak I

Wiljan Pluim - Instagram PSM Makassar
23 Agustus 2019 19:32 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman kewalahan menjaga Wiljan Pluim saat menjamu PSM Makassar di laga pekan ke-16 Liga 1 2019. Harga yang harus dibayar Super Elang Jawa sangat mahal.

Pluim, gelandang Belanda berusia 30 tahun, menjadi mimpi buruk sahibulbait di babak pertama. PSS Sleman kalah 0-2 gara-gara pergerakan dan visi ciamik Pluim. Pemain yang dibesarkan Akademi Sepak Bola Vitesse Arnhem tersebut mengirim asis untuk gol Eero Markanen di menit keempat dan gol Zulham Zamrun di menit ke-44.

Gol pertama adalah buah dari kegesitan Pluim. Dia menggiring bola dari tengah lapangan, berlari kencang dari kejaran Guilherme Batata dan sukses menarik perhatian bek kiri PSS, Jajang Sukmara. Jajang terpancing pergerakan Pluim dan berlari meninggalkan posnya dan membiarkan Markanen tak terkawal. Kecerobohan Jajang membuat Markanen dengan leluasa menerima umpan dari Pluim dan melepas tembakan melengkung nan indah ke gawang Ega Rizky.

Menjelang turun minum, Pluim memperlihatkan visinya sebagai pengatur serangan jempolan. Lagi-lagi, dia dengan jeli melihat Jajang Sukmara berlari meninggalkan posnya dan membiarkan Zulham Zamrun tak terkawal. Pluim langsung mengirim umpan matang yang disambar Zamrun untuk menggandakan keunggulan Juku Eja. Bukan sekali ini saja Jajang gegabah dan lalai sehingga PSS kebobolan. Dia juga pernah tak berdaya mengawal Marko Simic saat PSS Sleman kalah 0-1 dari Persija Jakarta di pekan keenam Liga 1 2019.

Jajang adalah bek kiri pelapis. PSS Sleman tak bisa memainkan Derry Rachman lantaran hukuman akumulasi kartu kuning.