Arsenal Beli David Luiz dari Chelsea

David Luiz - Reuters/John Sibley
08 Agustus 2019 17:32 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Arsenal akhirnya mendapatkan bek pengganti setelah Laurent Koscielny hijrah ke Bordeaux. The Gunners dan Chelsea, sebagaimana dilaporkan Goal, mencapai kesepakatan dalam transfer David Luiz, Kamis (8/8/2019).

Bek tengah asal Brasil itu pindah ke Arsenal dengan mahar 8 juta paun atau setara Rp138,1 miliar. Luiz diikat dua musim di Emirates Stadium. Chelsea yang dijatuhi sanksi tak boleh mendatangkan pemain dalam dua bursa transfer tak akan mencari pengganti Luiz.

David Luiz menjadi kejutan menjelang penutupan bursa transfer Liga Premier Inggris pada hari ini pukul 17.00 waktu setempat atau 23.00 WIB. Arsenal sebelumnya memburu bek tengah 20 tahun asal Prancis yang kini merumput di RB Leipzig Dayot Upamecano serta bek tengah Juventus Daniele Rugani. Banderol Upamecano terlalu mahal, yakni 75 juta paun. The Gunners keberatan menguras kantong sebanyak itu karena baru saja mengeluarkan banyak uang untuk membeli penyerang sayap Nicolas Pepe dari Lille. Sementara, permintaan Arsenal untuk meminjam Rugani selama dua musim ditolak Juventus.

Luiz, bek berusia 32 tahun, sudah absen berlatih di Chelsea dalam beberapa hari terakhir. Dia menjalani tes medis bersama Arsenal hari ini. Selain mengamankan Luiz, Arsenal juga masih memburu bek kiri Celtic Kieran Tierney yang dibanderol 25 juta euro.

Arsenal akan mengawali Liga Premier Inggris 2019-2010 dengan bertandang ke markas Newcastle United di Sat James Park, Minggu (11/8/2019) lusa.