Duo Pemain Asing Gemilang, PSS Taklukkan Arema FC 3-1

PSS Slemab versus Arema FC - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
15 Mei 2019 23:22 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Gelandang serang asal Argentina Brian Ferreira dan striker asal Ukraina Yevhen Bokhashvili menjadi bintang paling cemerlang dalam kegemilangan PSS Sleman pada laga perdana Liga 1 2019, Rabu (15/5/2019) malam. Dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo, keduanya mencetak gol dan membawa Super Elang Jawa menundukkan favorit juara Arema FC 3-1.

Ferreira menjadi protagonis. Dia mencetak satu gol dan dua asis. Sejak awal laga, mantan gelandang Timnas Argentina U-17 tersebut sudah memberikan pengaruh yang sangat besar. Ketika laga baru berjalan satu menit, pemain 25 tahun itu merangsek ke kotak penalti Arema FC. Lajunya dihentikan tekel bek asal Brasil Arthur Cunha. PSS pun mendapat hadiah tendangan sudut. Gelandang Haris Tuharea mengirim bola umpan lambung dan Ferreira langsung melepaskan tendangan voli menjebol gawang kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Arema FC yang tersengat gol cepat di menit kedua itu langsung bangkit. Makan Konate menjadi tumpuan utama serangan. Sisi kiri pertahanan PSS yang dijaga Jajang Sukmara menjadi area yang terus dieksploitasi Singo Edan. Sumber serangan Arema kebanyakan dari wilayah ini dan PSS harus membayar mahal. Dua kali Makan Konate mengancam gawang kiper Ega Rizky.

 Di menit ke-29, gawang PSS Sleman jebol. Arema FC menyamakan kedudukan setelah Sylvano Comvalius yang berdiri bebas menanduk umpan lambung Dendi Santoso.  Pencetak gol terbanyak Liga 1 2017 itu berdiri bebas dan lepas dari kawalan Purwaka Yudhi serta Alphonso de La Cruz. Beberapa saat setelah gol penyama kedudukan, laga terhenti. Musababnya, terjadi keributan di tribune barat Stadion Maguwoharjo. Pertandingan ditangguhkan sekitar setengah jam.

Ketika laga dilanjutkan, Arema sudah kehilangan momentum. PSS memanfaatkan situasi ini dengan baik. Tiga kali PSS nyaris unggul. Pertama lewat tendangan keras Ferreira dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur mendatar itu bisa ditepis Kurniawan Kartika Ajie. Ferreira kembali mengancam gawang Arema FC lewat tendangan cungkilnya. Namun, Kurniawan Kartika Ajie masih bisa menepis bola keluar.

Tak lama berselang, striker asal Ukraina Yehven Bhokashvili melepaskan tendangan keras. Bola meluncur deras ke gawang dan disapu bek Arema. Tak jelas benar apakah bola sudah melawati garis gawang atau belum. Namun, wasit menyatakan tidak terjadi gol.

 Di babak kedua, PSS tetap memegang kendali. Ferreira kembali menunjukkan potensi besarnya. Di menit ke-57, dia mengecoh lini pertahanan Singo Edan sebelum melepaskan umpan kepada Bokashvili. Tak berlama-lama mengontrol bola, Bokhashvili langsung melepaskan tembakan melengkung. Bola tak bisa ditahan Kurniawan Kartika Ajie dan PSS kembali unggul.

Di menit ke-82, Ferreira kembali mengirim asis. Kali ini untuk gol yang dicetak gelandang serang Rangga Muslim Perkasa yang baru beberapa menit di lapangan menggantikan Haris Tuharea.

PSS Sleman unggul 3-1. Ferreira dan Bokhashvili menenggelamkan Sylvano Comvalius serta Makan Konate, dua pemain Arema yang sudah mengukir reputasi besar di kompetisi level teratas Indonesia.