Advertisement

PROFIL TIM PIALA DUNIA 2022: Akankah Dinamit Meledak di Qatar?

ST22
Jum'at, 18 November 2022 - 15:47 WIB
Arief Junianto
PROFIL TIM PIALA DUNIA 2022: Akankah Dinamit Meledak di Qatar? Timnas Denmar. - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kehadiran Denmark di Piala Dunia memang tidak sementereng kompetitor segrupnya, Prancis. Partisipasi Denmark di Piala Dunia hanya tujuh kali, itu pun pencapaian tertingginya hanya sampai perempat final pada Piala Dunia 1998, selebihnya, Denmark hanya terhenti di fase grup atau babak 16 besar.

Akan tetapi performa Denmark dalam dua tahun belakangan, tepatnya sejak Piala Eropa 2020 menunjukkan tren positif. Denmark berhasil menembus semifinal dan meraih poin terbanyak saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa bahkan mencatatkan clean sheet dalam delapan pertandingan beruntun.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Eriksen, dkk juga sukses di UEFA Nations League dengan finis di peringkat kedua League A Grup 1 dan mengalahkan Prancis, dua kali.
Di Piala Dunia 2022, Denmark tergabung di Grup D bersama Prancis, Australia, dan Tunisia. Laga pertama Denmark akan melawan Tunisia di stadion Education City Stadium, Qatar, Selasa (22/11/2022).

Pemain Andalan

Christian Eriksen./Instagram chriseriksen8

Christian Eriksen, diamanahkan Hjulmand untuk bergerak di antarlini dengan posisi gelandang untuk menghubungkan lini belakang dan depan, kreativitas serta akurasi umpan yang tinggi membuatnya berhasil mengumpulkan 38 gol dan 26 assist dari 115 pertandingan. Selain itu, pemain yang satu ini juga pandai dalam mengatur tempo.
Sementara di lini belakang, Denmark punya Simon Kjaer yang sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik Denmark sebanyak dua kali (2009 dan 2021).

Dalam wawancara yang dilakukannya ia mengaku tidak sabar bertemu Tunisia yang tidak pernah mereka hadapi sebelumnya. Begitu juga pesaing terkuat mereka Prancis.

BACA JUGA: PROFIL TIM PIALA DUNIA 2022: Ambisi La Albiceleste Meraih Takhta

Kunci serangan Denmark akan diserahkan kepada Yussuf Poulsen, pemain depan Leipzig berperawakan tinggi ditambah tendangan keras yang disebut "mesin dengan atau tanpa bola" oleh Will Orban rekan klubnya.

Advertisement

Meski tak punya teknik seperti Eriksen namun kepercayaan dirinya untuk bisa melakukan apapun terbukti dengan pengakuan yang ia dapatkan.

Profil Pelatih
Kasper Hjulmand ditunjuk sebagai pelatih Denmark sejak Juni 2019 menggantikan Åge Hareide. Sebelum meniti karier menjadi manajer, dulunya dia adalah pemain tim liga bawah Denmark tetapi terpaksa pensiun muda karena cedera yang dialaminya. 

Hjulmand sebagian besar menghabiskan waktunya melatih klub asal Denmark Lyngby U18 dan Nordsjælland serta Mainz tim asal Jerman. Sejak melatih Denmark pada September 2020, persentase kemenangan Denmark pun membaik menjadi 68% atau 23 kali menang dari 34 pertandingan.

Salah satu pencapaian terbaik Denmark ialah mencapai titik Semifinal Eropa sebelum dikalahkan Inggris yang justru membuat Huljmand semakin yakin bahwa tim asuhannya dapat bermain jauh lebih baik dari saat itu. “Saya pikir tim ini memiliki potensi untuk mencapai level lebih tinggi,” kata Hjulmand mengutip dari Independent.

Daftar Pemain

Advertisement

Kiper: Kasper Schmeichel (Nice), Oliver Christensen (Hertha Berlin), Frederik Ronnow (Union Berlin)

Belakang: Simon Kjaer (AC Milan), Joachim Andersen (Crystal Palace), Joakim Maehle (Atalanta), Andreas Christensen (Barcelona), Rasmus Kristensen (Leeds United), Jens Stryger Larsen (Trabzonspor), Victor Nelsson (Galatasaray), Daniel Wass (Brondby), Alexander Bah (Benfica)

Tengah: Thomas Delaney (Sevilla), Mathias Jensen (Brentford), Christian Eriksen (Manchester United), Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham), Robert Skov (Hoffenheim), Christian Norgaard (Brentford)

Depan: Andreas Skov Olsen (Club Bruges), Jesper Lindstrom (Eintracht Frankfurt), Andreas Cornelius (Copenhagen), Martin Braithwaite (Espanyol), Kasper Dolberg (Sevilla), Mikkel Damsgaard (Brentford), Jonas Wind (VfL Wolfsburg), Yussuf Poulsen (RB Leipzig)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

BWF World Tour Finals 2022, Apriyani/Siti Fadia Gagal Tembus Semi Final

Olahraga
| Jum'at, 09 Desember 2022, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement