Advertisement

Profil Tim Piala Dunia 2022: Belanda Siap Meraih Mahkota Juara yang Didamba

ST22
Rabu, 16 November 2022 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Profil Tim Piala Dunia 2022: Belanda Siap Meraih Mahkota Juara yang Didamba Matthijs de Ligt, benteng pertahanan Belanda - Instagram @oranje_indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belanda sudah menginjakkan kaki di Piala Dunia sebanyak 11 kali dan telah mencapai final tiga kali di Piala Dunia 1974, 1978, dan 2010.

Sejauh ini, De Oranye belum sekali pun menjadi sang juara. Kali ini Louis Van Gaal kembali dipercaya melatih Belanda setelah 2014 lalu membawa Arjen Robben CS. ke posisi ketiga. Tak jauh berbeda skuad dengan waktu itu, sebagian timnya dipenuhi pemain muda.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Bintang MU Kritik Banyaknya Kematian dalam Pembangunan Stadion Piala Dunia Qatar

Belanda dipandang sebagai favorit grup karena skuad mereka mencakup beberapa bintang, termasuk bek Liverpool Virgil van Dijk, pemain depan Barcelona Memphis Depay, dan gelandang Frenkie de Jong.

Berada di Grup A bersama Qatar, Senegal, dan Ekuador, De Oranje akan berhadapan dengan Senegal sebagai laga pertama mereka pada Senin (21/11/22).

Pemain Andalan

Jangkar pertahanan Belanda Virgil Van Dijk disebut sebagai kunci tim. Bek Liverpool ini diakui memiliki kualitas bermain dengan kekuatan, kecepatan, dan ketenangannya yang diakui pemain bintang seperti Lionel Messi dan Erling Haaland. Haaland sendiri mengakuinya sebagai lawan terberat yang pernah dia lawan. 

Kemudian ada, Frenkie De Jong dengan umpan jitu dan kemampuannya menguasai bola di ruang sempit. “Dengan keterampilan, visi, dan umpannya, dia bisa menjadi Xavi baru,” kata Marc Overmars, mantan gelandang sayap Belanda dilansir FIFA.

Advertisement

Memphis Depay yang telah mengumpulkan 12 gol dan enam asis dalam 10 pertandingan menjadi salah satu pencetak gol paling berpengalaman di Belanda dalam laga internasional. Depay bahkan diprediksi menjadi bintang pada turnamen internasional ini.

Profil Pelatih

Menggantikan Frank de Boer, Louis Van Gaal mantan pelatih Manchester United ini ditunjuk kembali sebagai pelatih timnas Belanda untuk ketiga kalinya pada 2021 lalu. Ia disebut sebagai salah satu pelatih paling berpengalaman di Piala Dunia 2022 Qatar. Van Gaal dikenal karena menciptakan tim yang kuat bertahan dengan sistem 4-3-3 yang berpola menyerang. Pada beberapa pertandingan terakhir, ia menempatkan tiga pemain belakang dengan sistem 3-4-1-2 seperti yang ia terapkan pada 2014 dan mendapat efek yang luar biasa.

Advertisement

Tak segan-segan Van Gaal penuh percaya diri menyatakan timnya akan meraih kemenangan yang telah lama di incar di Piala Dunia 2022 Qatar, "Kami memiliki peluang besar untuk memenangkan Piala Dunia. Tidak banyak manajer yang berani mengatakan ini, tetapi saya di sini untuk memberi tahu Anda hal ini," ujarnya dikutip dari Sports Brief News.

Skuad Belanda di Piala Dunia 2022

Kiper: Justin Bijlow (Feyenoord Rotterdam), Remko Pasveer(AFC Ajax), Andries Noppert (Heerenveen)

Belakang: Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Ajax), Virgil van Dijk (Liverpool), Denzel Dumfries (Inter), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen), Matthijs de Ligt (Bayern Munchen), Tyrell Malacia (Manchester United), Jurrien Timber (Ajax), Stefan de Vrij (Inter Milan)

Advertisement

Tengah: Steven Berghuis (Ajax), Frenkie de Jong (Barcelona), Davy Klaassen (Ajax), Teun Koopmeiners (Atalanta) Marten de Roon (Atalanta), Xavi Simons (PSV), Kenneth Taylor (Ajax)

Depan: Steven Bergwijn (Ajax), Memphis Depay (Barcelona), Cody Gakpo (PSV), Vincent Janssen (Antwerp), Luuk de Jong (PSV), Noah Lang (Club Brugge), Wout Weghorst (Besiktas).

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Diajeng Jogja Dance Crew, Sabet Juara I Nasional Lomba Senam Perwosi 

Olahraga
| Jum'at, 02 Desember 2022, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement