Advertisement

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Siapkan Bangunan Ini

Jumali
Kamis, 10 Maret 2022 - 14:07 WIB
Jumali
Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Siapkan Bangunan Ini Iconic 2022 - Dezeen

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar telah melakukan sejumlah persiapan. Qatar bahkan telah menyiapkan Iconic 2022 - bangunan berbentuk ikonik seluas 60.000 meter persegi di Doha Sports City, dan bersebrangan dnegan Khalifa Stadion Internasional.

Sang arsitek Iconic 2022 Ibrahim M Jaidah mengatakan jika proyek yang dikerjakanya unik. Sebab, bermula dari ide sederhana dan tantangan dari Nasser bin Hamad Al Than dengan menunjukkan sketsa 2022 kepadanya.

Advertisement

Menurutnya, Iconic 2022, adalah bangunan ini dibentuk dari empat blok, masing-masing dengan fasad batu yang diatur di sekitar jendela agar tampak seperti angka dua atau nol. Blok-blok yang dihiasi angka dihubungkan oleh podium dua lantai. Di lantai dasar podium terdapat supermarket, kafe, dan restoran.

Sementara pusat olahraga dan klub kesehatan berada di lantai atas. Kantor untuk beberapa cabang olahraga menempati menara. Iconic 2022 digambarkan sebagai gedung pertama di dunia yang menyerupai satu tahun. Oleh karena itu, arsiteknya ingin angka 2022 terlihat dari seluruh bagian, termasuk udara.

Sementara Nasser bin Hamad Al Than berharap bangunan ini akan menjadi monumen untuk menandai Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Kami punya pilihan desain yang terinspirasi dari trofi Piala Dunia. Tapi, trofi itu bukan milik Qatar, tahun 2022 milik kami. Saya ingin bangunan itu berdiri sebagai kenangan yang indah," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

PLN Mobile Proliga 2024 di Yogyakarta Resmi Dibuka, Jakarta Elektrik PLN Siap Berlaga

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement