Advertisement

Dua Laga Liga 1 Ditunda, Begini Penjelasan PSSI

Ichsan Kholif Rahman
Sabtu, 05 Februari 2022 - 08:07 WIB
Budi Cahyana
Dua Laga Liga 1 Ditunda, Begini Penjelasan PSSI Laga PSM vs Persib di Liga 1 2021/2022 ditunda - Instagram @Persib

Advertisement

Harianjogja.com, BALI—Dua laga Liga 1 2021/2022 pada pekan ke-22 ditunda karena sejumlah pemain dan ofisial terpapar Covid-19. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menegaskan penundaan tersebut dilakukan merujuk pada regulasi Liga 1.

Penundaan itu telah sesuai pada Pasal 52 ayat (7) yang mengatur tentang hasil tes Covid-19 dan eligibilitas. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan bahwa seluruh pelaksanaan liga selalu berpatokan pada regulasi yang sudah ditentukan.

BACA JUGA: Usai Ditekuk Persik 2-3, Pelatih PSS Minta Pemain Bangkit

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Saya selalu mengimbau kepada PT LIB dan semua klub Liga 1 agar selalu berpedoman pada regulasi Liga 1 yang sudah diinfokan sejak awal musim. Dengan regulasi itu pula, semua ada dasar untuk mengambil kebijakan dan menjaga bergulirnya kompetisi secara keseluruhan,” kata Mochamad Iriawan dalam keterangannya, Jumat (4/2/2022) sore.

Pasal 52 poin ke-7 itu menyebutkan dalam keadaan luar biasa, jika setelah swab test pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain termasuk salah satu di antaranya adalah penjaga gawang, maka LIB dan PSSI akan segera menggelar rapat darurat untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap keputusan bersifat final.

Penjelasan dari pasal tersebut yakni penyebutan kurang dari 14 pemain itu terhitung bagi satu tim yang terpapar Covid-19 secara massal dan telah dibuktikan dengan tes medis yang menunjang dan akurat. Jika dari jumlah total pemain yang didaftarkan dan menyisakan kurang dari 14 pemain yang siap bertanding karena pemain yang lain terpapar Covid-19, LIB dan PSSI akan melakukan emergency meeting atau rapat darurat lalu mengambil keputusan cepat terkait status pertandingan.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan pemain yang cedera atau tidak bisa diturunkan karena sebab lain tidak termasuk dalam ketentuan di atas. Misalnya, jika ada 30 pemain dan setelah tes antigen atau PCR, 18 di antara mereka terpapar Covid-19, LIB akan mengambil keputusan terkait status pertandingan. Laga bisa ditunda.

BACA JUGA: Final Piala Afrika Suguhkan Mesir Vs Senegal, Duel Antar-pemain Liverpool

“Kami akan berkomunikasi dengan PSSI sekaligus meminta arahan. Selebihnya, ketika emergency meeting, kami akan mengundang klub yang bertanding, tim satgas Covid-19, LOC, sampai dengan perangkat pertandingan. Dengan begitu, keputusan yang diambil sudah diketahui banyak pihak dan disepakati bersama,” kata dia.

Advertisement

Sebelumnya pertandingan Liga 1 2021/2022 antara Persipura Jayapura melawan Madura United yang semula dijadwalkan Selasa (1/2/2022) harus ditunda sementara waktu setelah 24 pemain Madura United dinyatakan positif Covid-19. Terbaru, laga Persib Bandung melawan PSM Makassar yang dijadwalkan pada Rabu (2/2/2022) malam juga ditunda setelah sejumlah pemain Persib Bandung terkonfirmasi positif terkena virus Corona.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Awal Bulan Depan, Delegasi FIM Kunjungi Sirkuit Mandalika

Olahraga
| Kamis, 29 September 2022, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement