Advertisement

Final Piala Afrika Suguhkan Mesir Vs Senegal, Duel Antar-pemain Liverpool

Andhika Anggoro Wening
Jum'at, 04 Februari 2022 - 05:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Final Piala Afrika Suguhkan Mesir Vs Senegal, Duel Antar-pemain Liverpool Striker Mesir, Mohamed Salah (kiri) dan kiper Kamerun, Andre Onana - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Piala Afrika 2021 sudah sampai di puncak pergelaran. Partai final menyuguhkan Mesir melawan Senegal dalam laga yang akan digelar di Stadion Olembe, Kamerun pada Senin (7/2/2022) WIB.

Kepastian Mesir melangkah ke final didapat berkat kemenangan adu penalti ketika melawan tuan rumah, Kamerun, 3-1 di Stadion Olembe, Jumat (4/2/2022) dini hari WIB. Sehari sebelumnya, Kamis (3/2/2022) dini hari WIB, Senegal lebih dulu melaju ke final setelah mengalahkan Burkina Faso dengan skor 3-1.

Di laga semifinal Mesir melawan Kamerun, kedua tim bermain imbang tanpa gol sampai lanjut ke babak adu penalti. Kamerun yang bertindak sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan di awal laga dengan operan cepat satu-dua sentuhan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Tetapi usaha anak asuh Antonio Conceicao belum bisa membongkar pertahanan Mesir yang digalang Mohamed Abdelmonem dan Mahmoud El Wensh.

Peluang pertama di pertandingan ini hadir malah dimiliki Mesir lewat sepakan kaki kiri Mohamed Salah dari luar kotak penalti di menit delapan. Tapi tendangan pemain Liverpool itu masih melenceng tipis dari gawang Kamerun yang dijaga Andre Onana.

Liverpool

Kamerun terus menekan pertahanan Mesir. Setelah operan cepat tidak bisa membongkar pertahanan Mesir, striker Kamerun, Karl Toko Ekambi melakukan aksi solo run ke dalam kotak penalti Mesir tapi belum membuahkan hasil.

Bek Kamerun, Michael Ngadeu-Ngadjui, nyaris menjebol gawang Mesir di menit 18, tapi bola sundulannya usai menerima umpan pojok hanya menerpa mistar gawang Mesir yang dijaga kiper Mohamed Abougabal.

Masuk babak kedua, Mesir mulai melakukan serangan yang dimulai dari sektor sayap. Pelatih Mesir, Carlos Queiroz, paham betul Kamerun terlalu memajukan pemain sayapnya sehingga ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan tusukan.

Queiroz juga memasukkan striker Trezeguet untuk menambah daya gedor Mesir yang loyo di babak pertama. Kiper Kamerun, Onana melakukan penyelamatan gemilang di menit 59 dengan melakukan cegatan bola sempurna yang dibawa Mo Salah.

Advertisement

Pada menit 90, wasit Bakary Papa Gassama dari Gambia memberikan kartu merah ke Queiroz karena dianggap terlalu berlebihan melakukan protes ke wasit. Hingga 90 menit pertandingan berakhir skor masih 0-0 dan laga Kamerun vs Mesir masuk ke babak tambahan 2x15 menit.

Setelah melewati babak tambahan 2X15 menit, skor Kamerun vs Mesir tetap berakhir 0-0 dan pertandingan dilanjutkan ke babak penalti.

Mohamed Abougabal layak dinobatkan jadi pahlawan timnas Mesir usai melakukan blok brilian ke dua penendang penalti, Harold Moukoudi dan James Lea Siliki sekaligus membawa negaranya ke final bertemu Senegal di final Piala Afrika.

Advertisement

Pertandingan Mesir vs Senegal di Final Piala Afrika juga akan mempertemukan duo Liverpool yaitu Mohamed Salah (Mesir) dan Sadio Mane (Senegal). Menarik untuk ditunggu, siapa yang berhasil memenangkan Piala Afrika 2021.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Awal Bulan Depan, Delegasi FIM Kunjungi Sirkuit Mandalika

Olahraga
| Kamis, 29 September 2022, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement