Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia Wanita 2022

Timnas Indonesia Wanita merayakan kesuksesan lolos ke putaran final Piala Asia tahun depan. - Football Association of Singapore
28 September 2021 07:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 setelah dua kali mencatat kemenangan 1–0 atas Singapura sehingga tampil sebagai juara Grup C babak kualifikasi.

Dalam pertandingan di Stadion Pamir di Dushanbe, ibu kota Tajikistan, pada Senin (27/9/2021) malam, sebagaimana tayangan langsung Federasi Sepak Bola Singapura (FAS), satu-satunya gol kemenangan Indonesia ditentukan Oktavianti Dwi Nurmalita pada menit ke-30.

Berselang 3 hari sebelumnya, pada Jumat (24/9/2021) di tempat yang sama, Indonesia juga menang 1–0 berkat gol semata wayang yang dikontribusi Baiq Amiatun pada menit ke-4.

BACA JUGA : Piala Eropa, Ini Deretan Wanita Cantik dan Seksi Suporter

Dua gol Indonesia dalam dua pertandingan itu semua diawali dengan sepak pojok. Amiatun menanduk langsung bola umpan sepak pojok, sedangkan Oktavianti Dwi Nurmalita menuntaskan kemelut di depan gawang Singapura dengan tendangan mendatar yang berawal dari sepak pojok.

Sebenarnya di Grup C terdapat dua tim lagi yakni Irak dan Korea Utara. Namun, kedua tim tersebut memilih mengundurkan diri dengan pertimbangan pandemi Covid-19.

Sebagaimana dilansir laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), ini merupakan kelima kalinya Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 dan pertama kali dalam 32 tahun terakhir atau sejak 1989.

Pada penampilan terakhir putaran final Piala Asia Wanita di Hong Kong pada 1989, Indonesia gagal di fase grup. Ketika itu Indonesia hanya menempati peringkat ketiga Grup B dalam turnamen yang diikuti delapan tim.

Laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyebutkan bahwa putaran final edisi 2022 digelar di tiga kota di India yakni Mumbai, Navi Mumbai, dan Pune pada 20 Januari hingga 6 Februari tahun depan.

BACA JUGA : Piala Dunia Wanita 2019, Thailand Satu-satunya wakil Asia

Empat tim lolos otomatis tanpa perlu berjuang di babak kualifikasi. Mereka adalah India sebagai tuan rumah serta Jepang, Australia, dan China berturut-turut sebagai juara, runner-up, dan peringkat ketiga edisi 2018 di Jordania.

Selain Indonesia, tim-tim yang telah memastikan lolos ke putaran final tahun depan adalah Korea Selatan sebagai juara Grup E babak kulifikasi, Filipina juara Grup F, Iran juara Grup G, dan Thailand juara Grup H.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia