Preview Barcelona Vs Bayern: Peta Kini Sudah Berbeda

Robert Lewandowski (kanan) dan Leon Goretzka - Instagram @fcbayern
14 September 2021 16:37 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BARCELONA—Barcelona langsung diuji jawara Bundesliga, Bayern Munich, dalam kampanye perdananya di Liga Champions tanpa Lionel Messi. Perjuangan Barca untuk memetik poin penuh dalam duel di Camp Nou, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB, berpotensi semakin terjal. Apalagi Blaugrana punya memori kelam ketika dihajar Bayern dengan skor 2-8 dalam perempat final Liga Champions 2019/2020.

Kehadiran Messi kala itu pun tak mampu menyelamatkan Barcelona dari pembantaian di Estadio Da Luz, Lisbon. Namun jangan lupa, pergeseran kekuatan pun tak hanya terjadi di Barca, melainkan juga di Bayern Munich. Die Roten kini tak lagi dilatih Hansi Flick, pelatih yang mempersembahkan gelar Liga Champions bagi tim pada musim 2019/2020. Tampuk kepelatihan sekarang dipegang Julian Nagelsmann, pelatih muda yang belum pernah memberikan gelar mayor bagi klubnya.

BACA JUGA: Solksjaer Berambisi Bawa MU Juara Liga Champions

Bayern juga tak lagi diperkuat Philippe Coutinho, pemain pinjaman asal Barca, yang turut mengemas dua gol dalam duel di Lisbon. Coutinho kini giliran menjadi senjata Pelatih Ronald Koeman untuk membombardir pertahanan Bayern. Ketajaman pemain asal Brasil itu sangat diharapkan mengingat Barca kini tengah dilanda krisis penyerang. Sergio Aguero, Martin Braithwaite, Ansu Fati, hingga Ousmane Dembele harus menepi karena cedera.

Koeman juga bakal bertumpu pada pemain anyar, Luuk de Jong, sebagai ujung tombak. Luuk menjadi bagian era baru Barca yang dipenuhi pemain-pemain Belanda. Selain Luuk, Barca punya deretan “meneer” seperti Frenkie de Jong, Memphis Depay hingga Sergino Dest yang siap menuntut balas pil pahit setahun silam. Koeman menilai Luuk de Jong bakal memberi dimensi baru di lini depan tim dengan kemampuan tandukannya menyambut umpan silang.

“Ketika berada di tengah, Luuk lebih berbahaya daripada Neymar,” ujar Koeman dilansir Marca, Senin (13/9/2021).

Masalahnya, tim tamu tengah menjalani start cukup impresif di Bundesliga. Mereka mengemas tujuh poin dari tiga laga dan berada di posisi kedua. Terakhir Thomas Muller dkk. membekuk tim kuat RB Leipzig dengan skor 1-4. Die Roten turut menggasak Bremer SV 12 gol tanpa balas dalam DFB Pokal. Jangan lupa, The Bavarians juga tak terkalahkan dalam 18 laga tandang terakhir mereka di ajang UEFA. Namun Bayern memilih tetap mawas diri dengan kekuatan baru Barcelona. Nagelsmann mengingatkan anak asuhnya bahwa Barca berpotensi lebih solid tanpa kehadiran Messi.

“Dia punya banyak pengaruh di dalam dan luar lapangan. Dia juga membuat keputusan organisasi. Ini membuat saya berpikir bahwa pemain yang ada sekarang akan sedikit lebih bebas, mengisi posisi yang dia duduki,” ujar Nagelsmann.