Pelatih Senior Asal Belanda Dick Advocaat Tangani Irak Menuju Piala Dunia

Pelatih berkebangsaan Belanda Dick Advocaat - Reuters
01 Agustus 2021 10:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pelatih senior asal Belanda Dick Advocaat telah resmi dikukuhkan sebagai pelatih kepala baru Timnas Irak, menurut Football Oranje pada Sabtu (31/7/2021) tengah malam WIB.

Advocaat meninggalkan klub raksasa Eredivisie Belanda Feyenoord Rotterdam pada akhir 2020–2021 dan diperkirakan bakal pensiun, tetapi dia malah memutuskan untuk mengambil tantangan baru.

BACA JUGA : Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Indonesia Masuk Grup G

Lelaki berusia 73 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih kepala baru Irak dengan tugas utama memimpin negara Timur Tengah tersebut ke Piala Dunia tahun depan di Qatar.

Pelatih sarat pengalaman itu sekarang menuju posisi ketujuh timnasnya setelah Belanda, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Belgia, Rusia, dan Serbia.

Sebagai pelatih, dia membawa Timnas Belanda finis semifinalis Piala Eropa (Euro) 2004 yang digelar di Portugal. Dalam pertandingan semifinal di Stadion Jose Alvalade di Lisbon, Belanda dikalahkan Portugal 1–2.

Di tingkat klub, dia pernah dipercaya menjadi pelatih kepala sejumlah klub besar selain Feyenoord antara lain PSV Eindhoven, Utrecht, AZ Alkmaar (Belanda), Rangers (Skotlandia), Borussia Monchengladbach (Jerman), Fenerbahce (Turki), dan Zenit St. Petersburg (Rusia).

Lelaki bernama lengkap Dirk Nicolaas Advocaat itu merupakan mantan pemain belakang sejumlah klub kenamaan Belanda seperti Utrecht, ADO Den Haag, Roda JC, Sparta Rotterdam, dan VVV Venlo.

BACA JUGA : Jamu Persela, Bali United Terancam Kehilangan 5 Pemain 

Timnas Irak saat ini bersiap untuk bertarung di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang dijadwalkan dimulai pada 2 September 2021. Sebanyak 12 timnas bertarung di putaran ketiga dengan Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang mampu mencapai fase ini.

Ke-12 tim itu dibagi menjadi dua grup dengan dua tim teratas setiap grup langsung lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan. Dua tim peringkat ketiga menjalani play-off dua leg. Pemenangnya akan bertarung lagi di play-off antarbenua.

Sumber : Football Oranje