Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Indonesia Masuk Grup G

AFC
09 Juli 2021 21:17 WIB Galih Eko Kurniawan Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengundi grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Tashkent, Uzbekistan, Jumat (9/7/2021). Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 berada di Grup G.

Lawan-lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia U-23 tidaklah mudah. Berada di Grup G, skuad Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia U-23, akan menjajal kekuatan Australia, China, dan Brunei Darussalam.

Total ada 42 negara ikut serta di babak kualifikasi ini, yang dibagi ke dalam 11 grup. Masing-masing grup akan ditempati oleh satu tuan rumah.

Zona Barat dibagi menjadi enam grup, sementara Zona Timur dibagi menjadi lima grup. Masing-masing grup diisi empat tim, sementara dari dua zona tersebut ada dua grup yang hanya dihuni oleh tiga tim.

Adapun Indonesia akan jadi tuan rumah Grup G. Babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 rencananya bakal bergulir mulai Oktober 2021.

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan menghadapi China pada partai pertama, kemudian melawan Australia di laga kedua, serta Brunei Darussalam dalam matchday terakhir.

Sementara putaran final Piala Asia U-23 akan berlangsung di Uzbekistan pada 1-19 Juni tahun depan. Nantinya, ada 16 tim yang bertanding memperebutkan siapa yang terbaik di Asia untuk level U-23.

Itu berarti sebanyak 11 juara grup dan empat runner-up terbaik babak kualifikasi ini akan melaju ke putaran final. Adapun satu tim lagi ditambah dengan tuan rumah turnamen, yakni Uzbekistan.

Berikut hasil drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2022:

Grup A: Qatar (Tuan Rumah), Suriah, Yaman, Sri Lanka
Grup B: Tajikistan (Tuan Rumah), Iran, Lebanon, Nepal
Grup C: Bahrain (Tuan Rumah), Irak, Afghanistan, Maladewa
Grup D: Kuwait (Tuan Rumah), Arab Saudi, Bangladesh, Uzbekistan
Grup E: Uni Emirat Arab (Tuan Rumah), Oman, India, Kirgistan
Grup F: Yordania (Tuan Rumah), Palestina, Turkmenistan
Grup G: Indonesia (Tuan Rumah), Australia, China, Brunei Darussalam
Grup H: Singapura (Tuan Rumah), Korea Selatan, Timor Leste, Filipina
Grup I: China Taipei (Tuan Rumah), Vietnam, Myanmar, Hong Kong
Grup J: Mongolia (Tuan Rumah), Thailand, Malaysia, Laos
Grup K: Korea Utara, Jepang, Kamboja (belum ditentukan tuan rumah)

Sumber : suara.com