Advertisement

Ajax Amsterdam Juara Eredivisie Belanda 35 Kali Sepanjang Sejarah

M. Syahran W. Lubis
Senin, 26 April 2021 - 05:57 WIB
Sunartono
Ajax Amsterdam Juara Eredivisie Belanda 35 Kali Sepanjang Sejarah Pemain Ajax Amsterdam Davy Klaassen (kanan) menjebol gawang AZ Alkmaar yang dikawal kiper Marco Bizot. - [email protected]

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Ajax Amsterdam memastikan tampil sebagai juara Eredivisie Belanda musim 2020–2021 setelah menundukkan tamunya AZ Alkmaar dengan skor 2–0 pada Minggu (25/4/2021) malam WIB.

Dalam pertandingan pekan ke-30 Eredivisie di Johan Cruyff Arena di Amsertdam, dua gol tuan rumah asuhan Erik ten Hag diborong Davy Klaassen pada menit ke-66 dan 90.

Dengan kemenangan itu, tim ibu kota tersebut telah mengoleksi nilai 76, berselisih 12 poin dari PSV Eindhoven di posisi kedua klasemen sementara.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA : Ajax & PSV Berpeluang Raup Poin Penuh

Dengan empat matchday tersisa, kalau pun Ajax selalu kalah dan sebaliknya PSV selalu menang, maka nilai kedua tim sama-sama 76. Ajax unggul head-to-head dan selisih gol atas PSV. Ajax unggul agregat 3–2 atas PSV, sedangkan selisih gol saat ini berbanding jauh 68 berbanding 35.

Ini merupakan gelar juara ke-35 bagi Ajax sejak kompetisi ini digulirkan pertama kali pada 1888 atau 133 tahun silam.

Ajax, PSV, dan Feyenoord Rotterdam merupakan tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda. Ajax juara terbanyak, diikuti PSV 24 kali, dan Feyenoord 15 kali.

Dengan gelar juara ini, Ajax juga lolos langsung ke fase grup Liga Champions Eropa musim depan. Eredivisie Belanda hanya mendapatkan jatah satu tiket untuk langsung lolos ke fase grup kompetisi antarklub teratas di Eropa itu.

Sementara itu, PSV masih harus terus berjuang untuk setidaknya finis di posisi kedua yakni slot khusus untuk masuk jalur kualifikasi Liga Champions.

Advertisement

BACA JUGA : Hajar Groningen, Ajax Mantap di Puncak Klasemen

Dengan nilai sekarang 64, PSV belum aman untuk finis di posisi kedua, karena masih dapat dilewati AZ Alkmaar yang kini mengisi slot ketiga klasemen sementara dengan nilai 61, bahkan juga Vitesse Arnhem (56) dan Feyenoord (54).

Musim lalu AZ menempati urutan kedua klasemen Eredivisie yang dihentikan akibat pandemi dengan nilai yang sama dengan Ajax yakni 56, AZ hanya kalah selisih gol 37 berbanding 45.

Advertisement

Hasil sementara pekan ke-30: Willem II 1 vs RKC Waalwijk 0; Heerenveen 0 vs PEC Zwolle 2; PSV 1 vs Groningen 0; Sparta Rotterdam 2 vs VVV Venlo 0; Emmen 3 vs Heracles 1; ADO Den Haag 0 vs Fortuna Sittard 3; Ajax 2 vs AZ 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Football Oranje & Soccerway

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Thailand: Miguel Oliveira Juara, Bagnaia Tempel Quartararo

Olahraga
| Senin, 03 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement