Ajax & PSV Berpeluang Raup Poin Penuh

Gelandang Ajax Amsterdam Davy Klaassen. - Twitter@AFCAjax
03 April 2021 23:37 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Eredivisie, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda, segera menggulirkan rangkaian pertandingan pekan ke-28.

Klasemen sementara masih dipimpin Ajax Amsterdam. Tim besutan pelatih Erik ten Hag itu telah mengoleksi nilai 66, berselisih 11 angka meninggalkan PSV Eindhoven di posisi kedua.

Ajax dan PSV, bersama Feyenoord Rotterdam, merupakan tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda. Ajax juara 34 kali sejak kompetisi ini digulirkan pertama pada 1888 atau 133 tahun silam, PSV 24 kali, dan Feyenoord 15 kali menjadi kampiun.

Ajax finis teratas pada musim 2019–2020 yang dihentikan akibat pandemi Covid-19 tanpa tim yang diputuskan sebagai juara. Pada musim sebelumnya tim ibu kota tersebut tampil sebagai juara.

Pada matchday kali ini, Ajax akan menghadapi peringkat ke-10 Heerenveen. Melihat kesenjangan posisi kedua tim di klasemen sementara, layak jika Ajax dijagokan bakal mendulang poin penuh lagi.

Sementara itu, PSV akan menjamu peringkat kesembilan Heracles Almelo. Meski perbedaan posisi kedua tim di klasemen sementara berjarak tujuh setrip, PSV mesti waspada karena Heracles sedang on fire, tak terkalahkan di empat laga liga terakhir, dua seri dan dua menang.

Bagaimanapun, PSV memerlukan kemenangan setelah pada pekan sebelumnya menelan kekalahan dari AZ Alkmaar, yang kini menghuni setrip ketiga klasemen sementara dengan nilai 55, sama dengan PSV, AZ hanya kalah selisih gol dari PSV.

Jika PSV tersandung, posisinya di setrip kedua terancam disalip AZ. Hal itu disebabkan AZ hanya akan bertarung kontra Willem II Tilburg, yang tengah berkutat di papan bawah, tepatnya di slot ke-15, sehingga potensi AZ untuk menang terbilang cukup besar.

Musim lalu AZ menempati urutan kedua klasemen Eredivisie yang dihentikan akibat pandemi dengan nilai yang sama dengan Ajax yakni 56, AZ hanya kalah selisih gol 37 berbanding 45.

Jadwal lengkap pekan ke-28 (dalam WIB):

Sabtu, 3 April:

23:45   VVV Venlo vs Groningen

Minggu, 4 April:

01:00   Twente Enschede vs Vitesse Arnhem

01:00   Willem II Tilburg vs AZ Alkmaar

02:00   Sparta Rotterdam vs PEC Zwolle

17:15   Feyenoord Rotterdam vs Fortuna Sittard

19:30   ADO Den Haag vs Utrecht

19:30   PSV Eindhoven vs Heracles Almelo

21:45   Emmen vs RKC Waalwijk

21:45   Heerenveen vs Ajax Amsterdam

 

Sumber : Bisnis Indonesia