La Liga: Tundukkan Real Betis, Barcelona Geser Madrid

Pemain Barcelona Francisco Trincao (tengah) menjebol gawang Real Betis./Antara - Reuters
08 Februari 2021 08:47 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemain sayap Francisco Trincao mencetak gol pertamanya untuk Barcelona sejak diboyong dari Sporting Braga (Portugal) pada Januari tahun lalu untuk membawa kemenangan bagi Blaugrana 3–2 atas tuan rumah Real Betis dalam pertandingan pekan ke-22 La Liga Spanyol.

Bertarung di Stadion Benito Villamarin di Sevilla pada Senin (8/2/2021) dini hari WIB, penyerang sayap Timnas Portugal itu mencetak gol ketiga Barca pada menit ke-87 yang menentukan kemenangan skuad dari Katalan. Dia menyambar sapuan bek Betis Aissa Mandi untuk menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Joel Robles.

BACA JUGA : Moncer di Atletico, Suarez Buka Suara soal Barca

Sebelumnya, Barcelona harus kehilangan Ronald Araujo karena cedera pada menit ke-11 sehingga pelatih Ronald Koeman terpaksa menurunkan Frenkie de Jong mengisi posisi bek tengah berduet dengan Clement Lenglet.

Barca hampir memimpin pada menit ke-28, tetapi Lenglet yang merangsek ke muka gawang menanduk bola terlalu tinggi dari sasaran.

Real Betis justru berhasil mencuri keunggulan pada menit ke-38 ketika sebuah serangan balik diakhiri dengan umpan silang terukur oleh Emerson yang disambut sontekan mudah Borja Iglesias tepat di muka gawang tim tamu.

Tertinggal satu gol, Barca berambisi membalas tetapi peluang mereka empat menit memasuki babak kedua melalui tembakan keras Oscar Mingueza bisa dimentahkan oleh kiper Robles.

BACA JUGA : Menang Atas Bilbao, Barcelona Gusur Madrid di La Liga

Tujuh menit berselang giliran kiper Marc-Andre ter Stegan yang beraksi di ujung lapangan berbeda untuk menghalau tembakan jarak dekat Juanmi Jimenez.

Pada menit ke-59 Barcelona akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui aksi Lionel Messi yang melakukan tusukan setelah menerima umpan sodoran Ousmane Dembele sebelum menyelesaikannya dengan sepakan cantik ke pojok kanan bawah gawang.

Barcelona berbalik memimpin pada menit ke-68 saat upaya Antoine Griezmann menyelesaikan umpan Jordi Alba membuat bola membentur ke badan Victor Ruiz yang berakhir dengan gol bunuh diri ke gawang tuan rumah.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab 7 menit kemudian Ruiz membayar kesalahannya dengan menanduk umpan silang tajam kiriman Nabil Fekir untuk membawa Betis menyamakan kedudukan 2–2.

Real Betis hampir merebut keunggulan pada menit ke-85, tetapi Ter Stegen melakukan dua penyelamatan gemilang atas sundulan Ruiz dan tembakan Loren Moron yang berusaha menyambar bola muntah.

BACA JUGA : Kontrak Lionel Messi Dipublikasikan, Barcelona Ambil

Penyelamatan itu terbukti krusial, sebab 2 menit kemudian Trincao mencetak gol pengunci kemenangan Barcelona yang menang dalam enam pertandingan beruntun.

Barcelona kembali mengamankan posisi kedua klasemen sementara dari tangan Real Madrid, berbekal keunggulan selisih gol dengan kedua tim sama-sama memiliki 43 poin, sedangkan Betis (30) tertahan di slot ketujuh.

Hasil pekan ke-22 La Liga hingga Senin dini hari WIB: Deportivo Alaves 1 vs Real Valladolid 0; Levante 2 vs Granada 2; Huesca 1 vs Real Madrid 2; Elche 2 vs Villarreal 2; Sevilla 3 vs Getafe 0; Sociedad 4 vs Cadiz 1; Bilbao 1 vs Valencia 1; Osasuna 2 vs Eibar 1; Real Betis 2 vs Barcelona 3.

Sumber : Antara/LaLiga.com