Klasemen Liga Belanda: PSV Eindhoven Dekati Ajax Amsterdam

Gelandang PSV Eindhoven Mauro Junior - Colgados por el Futbol
27 Januari 2021 13:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – PSV naik ke posisi kedua klasemen sementara Eredivisie Belanda dengan menggeser Vitesse Arnhem setelah menaklukkan tuan rumah Emmen 2–0 dalam pertandingan pekan ke-19.

Dalam gelaran di Stadion De Oude Meerdijk di Emmen, menghadapi tuan rumah yang tengah terbenam di dasar klasemen, dua gol tim tamu yang datang dari Eindhoven baru terjadi pada menit-menit akhir pertandingan.

Kehadiran gol PSV tak lepas dari keputusan jitu pelatih Roger Schmidt yang memasukkan Mauro Junior pada menit ke-77 menggantikan Adrian Fein. Baru bermain 4 menit, gelandang 21 tahun itu memecah kebuntuan dengan golnya ke gawang Emmen yang dikawal kiper Dennis Telgenkamp.

BACA JUGA : Liga Belanda: Vitesse & PSV Bersaing Ketat Dekati Ajax

PSV berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-88 lewat penyerang Eran Zehavi dan skor 0-2 bertahan hingga wasit Jeroen Manschot mengakhiri pertandingan pada Rabu (27/1/2021) dini hari WIB itu.

Dengan hasil ini, PSV kini menduduki slot kedua klasemen sementara dengan nilai 43, hanya 1 poin di belakang Ajax Amsterdam di posisi teratas. Namun, Ajax berpotensi menjauh PSV lagi karena baru memainkan laga pekan ke-19 pada Jumat (29/1/2021) dini hari WIB menjamu Willem II Tilburg.

Sementara itu, akibat kekalahan ini, yang merupakan ke-13 sepanjang Erediviszie musim 2020–2021 ini, Emmen makin tenggelam di dasar klasemen. Tim besutan pelatih Dick Lukkien itu hanya mengoleksi nilai 6 hasil enam seri dan tanpa satu kali pun meraih kemenangan.

Hasil pertandingan lainnya yang juga berlangsung pada Rabu dini hari WIB, Groningen menghantam ADO Den Haag tiga gol tanpa balas, sedangkan tuan rumah PEC Zwolle dipaksa imbang 2–2 oleh tamunya Heracles Almelo.

PSV, bersama Ajax dan Feyenoord Rotterdam, merupakan tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda. Ajax juara 34 kali sejak kompetisi ini digulirkan pertama pada 1888 atau 133 tahun silam, PSV 24 kali, dan Feyenoord 15 kali menjadi kampiun.

Ajax finis teratas pada musim 2019–2020 yang dihentikan akibat pandemi Covid-19 tanpa tim yang diputuskan sebagai juara. Pada musim sebelumnya tim asuhan Erik ten Hag itu tampil sebagai juara.

Sumber : Football Oranje