Dipermalukan Bilbao, Real Madrid Tersingkir dari Piala Super Spanyol

Pemain Athletic Bilbao Raul Garcia (tengah) merayakan golnya ke gawang Real Madrid bersama Unai Vencedor (kiri) dan Inaki Williams. - Football Espana
15 Januari 2021 07:57 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Real Madrid tersingkir dari ajang Piala Super Spanyol (Supercopa Espana) setelah di semifinal ditaklukkan Athletic Bilbao dengan skor tipis 1–2 di Stadion La Rosaleda di Malaga pada Jumat (15/1/2021) dini hari WIB.

Mantan gelandang Atletico Madrid Raul Garcia Escudero menjadi pahlawan Bilbao dengan memborong dua gol pasukan asuhan Marcelino pada menit ke-18 dan dari titik penalti 20 menit kemudian.

Wasit Juan Martinez Munuera menunjuk titik putih setelah gelandang Madrid Lucas Vazquez melanggar bek Bilbao Inigo Martinez yang tengah maju membantu serangan hingga kotak penalti Madrid.

BACA JUGA : Liga Spanyol: Atletico Semakin Tinggalkan Real Madrid

Karim Benzema memasok gol balasan untuk Madrid pada menit ke-73 dan tentu saja sebiji gol tidak mampu menolong skuad asuhan Zinedine Zidane untuk menghindari kekalahan.

Dengan hasil ini, di final pada Senin (18/1/2021) dini hari WIB Bilbao jumpa Barcelona yang di semifinal seharui sebelumnya menundukkan Real Sociedad melalui adu penalti.

Real Madrid merupakan juara bertahan setelah di final musim lalu di Stadion Raja Abdullah di Jeddah, Arab Saudi, pada 12 Januari 2020 menundukkan Atletico Madrid melalui adu penalti dengan skor 4–1 setelah permainan selama 120 menit berakhir imbang tanpa gol.

Sejak edisi lalu, format Piala Super Spanyol diubah menjadi diikuti empat tim dari sebelumnya hanya mempertemukan juara La Liga dengan juara Piala Raja (Copa del Rey).

BACA JUGA : Real Madrid Pasang Harga Selangit untuk Isco 

Pada edisi kali ini, empat tim yang terlibat adalah Real Madrid, Barcelona, Athletic Bilbao, dan Real Sociedad.

Real Madrid tampil dengan status juara La Liga musim 2019–2020, Barcelona sebagai runner-up La Liga musim 2019–2020, sedangkan dua tim Basque Bilbao dan Sociedad sebagai finalis Copa del Rey.

Pertandingan final Copa del Rey musim 2019–2020 sebenarnya dijadwalkan berlangsung pada 18 April tahun lalu, tetapi ditunda karena pandemi Covid-19 dan baru akan dimainkan pada 4 April 2021.

Pertandingan final direncanakan digelar pada Senin (18/1/2021) mulai pk. 03.00 WIB di Stadion La Cartuja di Sevilla, yang juga akan digunakan sebagai lokasi final Copa del Rey antara Bilbao dan Sociedad pada April mendatang.

Sumber : Football Espana