Arsenal Sikat Liverpool, City & Spurs Amankan 3 Poin

Ujung tombak Arsenal Alexandre Lacazette. - JIBI
16 Juli 2020 14:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Manchester City serta dua tim London, Arsenal dan Tottenham Hotspur, meraup 3 poin dalam pertandingan pekan ke-36 Liga Primer Inggris pada Kamis (16/7/2020) dini hari WIB.

Di Stadion Emirates, Arsenal menundukkan Liverpool yang telah dipastikan juara musim ini dengan skor 2–1.  Ketiga gol terjadi pada babak pertama. Sadio Mane membuka keunggulan sang juara pada menit ke-20, tetapi The Gunners, julukan Arsenal, membalas dua gol lewat peran penting Andre Lacazette.

Lacazette memberikan gol balasan pada menit ke-32 dan penyerang asal Prancis itu kemudian memberikan assist untuk Reiss Nelson mencetak gol kemenangan sekitar 2 menit sebelum wasit Paul Tierney mengakhiri pertandingan babak pertama.

Dua gol dari tuan rumah asuhan Mikel Arteta tidak terlepas dari kesalahan sendiri yang dibuat para pemain Liverpool.

Gol pertama disebabkan back pass bek Virgil van Dijk yang ditekan Reiss Nelson kepada kiper Alisson Becker jatuh ke kaki Lacazette, sedangkan gol kedua terjadi saat tendangan Alisson malahan jatuh ke Lacazette yang langsung mengirim bola ke Nelson.

Hasil laga ini tidak memengaruhi kedua tim. Liverpool sudah pasti juara dengan nilai saat ini 93, sedangkan Arsenal di setrip kesembilan klasemen sementara dengan koleksi 53 poin, sulit untuk finis di zona tiket Eropa.

Di pertandingan lain, Manchester City juga menang 2–1 atas tamunya. Menjamu Bournemouth di Stadion Etihad, gol-gol David Silva (6’) dan Gabriel Jesus (39’) membawa tuan rumah unggul dan tamu hanya bisa memasok sebiji gol balasan pada menit ke-88 melalui kontribusi David Brooks.

Dengan tambahan 3 angka, ManCity telah dipastikan finis di posisi kedua dengan nilai saat ini 75, sedangkan Bournemouth di ambang degradasi, di posisi ke-18 atau setrip teratas zona merah, dengan nilai 31.

Sementara itu, Tottenham Hotspur mencatat kemenangan 3–1 atas tuan rumah Newcastle United di Stadion James Park di Newcastle.

Kapten Tottenham Harry Kane mencetak dua gol penentu kemenangan tamu dari London pada menit ke-60 dan 90 setelah Son Heung-min membuka keunggulan Spurs pada menit ke-27 dan sempat dibalas Newcastle lewat gol Matt Ritchie ketika babak kedua memasuki menit ke-11.

Kemenangan ini penting bagi tim asuhan Jose Mourinho dalam upaya mereka untuk finis setidaknya di posisi kelima yang merupakan jatah tiket fase grup Liga Europa musim depan. Menempati slot ketujuh klasemen sementara, nilai Spurs kini 55, berjarak 4 angka dari Manchester United di setrip kelima.

Adapun bagi Newcastle, kekalahan ini tak banyak memengaruhi posisi mereka di klasemen, Pasukan asuhan Steve Bruce itu menghuni slot ke-13 dengan nilai 43, sudah dipastikan aman dari degradasi, tetapi di sisi lain tak mungkin lagi finis di zona tiket Eropa.

Hasil pertandingan pekan ke-36 Liga Primer Inggris hingga Kamis dini hari WIB: Chelsea 1 vs Norwich 0; Burnley 1 vs Wolverhampton Wanderers 1; Manchester City 2 vs Bournemouth 1; Newcastle 1 vs Tottenham 3; Arsenal 2 vs Liverpool 1.

Sumber : JIBI/Bisnis.com