The Reds Lepas Dahaga selama 3 Dekade

Suporter Liverpool berpesta di sekitar Stadion Anfield. - Twitter
26 Juni 2020 12:07 WIB Arief Junianto Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah menahan dahaga selama tiga dasawarsa, Liverpool akhirnya kembali bisa membawa pulang trofi jawara Liga Premier ke Anfield Stadium. Gelar sebagai yang terbaik di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Inggris itu diraih The Reds setelah Chelsea sukses menggulingkan Manchester City yang menjadi kompetitor mereka di papan klasemen dalam laga di markas Chelsea, Stamford Bridge, Jumat (26/6/2020) dini hari WIB.

Kegembiraan publik Liverpool kian komplet menyusul predikat yang diraih anak asuhan Jurgen Klopp sebagai klub yang meraih juara tercepat di Liga Premier dengan masih adanya sisa tujuh laga di liga.

Dengan mengakhiri tujuh putaran pertandingan di akhir musim, Liverpool melampaui rekor juara tercepat Liga Inggris yang sebelumnya dipegang bersama oleh Manchester United dan Manchester City. MU juara musim 2000/01 dengan sisa lima pertandingan dan hal serupa diulangi City musim 2017/18.

Tak cukup itu, rekor lain yang ditorehkan Liverpool musim ini adalah menyapu bersih kemenangan laga kandang sepanjang musim, alias belum pernah mengakhiri laga Liga Premier di kandang mereka sendiri tanpa membawa pulang tiga poin.

Prestiasi itu belum pernah diraih satu tim pun sepanjang sejarah Liga Premier. Sejauh ini, hanya tercatat Chelsea (2005/06), MU (2010/11) dan Manchester City (2011/12 dan 2018/19) yang hanya menang 18 dari 19 laga kandangnya.

“Entahlah, rasanya bercampur aduk. Saya lega, saya gembira, saya bangga. Saya tidak kalah bangganya dengan para pemain dan masyarakat Liverpool,” kata Manajer The Reds, Jurgen Klopp dilansir laman resmi Liverpool, Jumat.

Liverpool saat ini sudah memenangi 16 laga kandang dan tiga pertandingan terakhir di Anfield mereka bakal menjamu Aston Villa, Burnley dan Chelsea untuk bisa memecahkan rekor tersebut.