Advertisement

Pecundangi Juventus Lewat Adu Penalti, Napoli Juarai Coppa Italia

Newswire
Kamis, 18 Juni 2020 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Pecundangi Juventus Lewat Adu Penalti, Napoli Juarai Coppa Italia Napoli menjuarai Coppa Italia, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Napoli menjuarai Piala Italia setelah memenangi adu penalti 4-2 atas Juventus, pada laga final yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.

Pemenang pertandingan harus ditentukan dari adu penalti setelah pertandingan selama waktu normal gagal menghasilkan satu gol pun. Dari kubu Juve, Paulo Dybala dan Danilo menjadi algojo penalti yang gagal, sedangkan keempat eksekutor Napoli sukses menunaikan tugasnya.

Advertisement

Dalam laga tersebut, Partenopei tidak diperkuat kiper David Ospina yang terkena skors, sedangkan Mario Rui, Fabian Ruiz, dan Jose Callejon kembali dimainkan setelah diandalkan pada pertandingan semifinal melawan Inter Milan.

Sementara Juventus tidak diperkuat Gonzalo Higuain, Giorgio Chiellini, Merih Demiral, dan Sami Khedira, sehingga Juan Cuadrado yang mengisi tempat Danilo di posisi bek kanan menjadi satu-satunya perbedaan dari laga melawan AC Milan di semifinal.

Saat pertandingan baru memasuki menit ke-5, Cristiano Ronaldo memaksa kiper Meret melakukan penyelamatan. Napoli tidak tinggal diam, peluang bagus mereka dapatkan melalui tendangan bebas Lorenzo Insigne yang membentur bagian atas tiang dekat gawang Juventus.

Partenopei memiliki tiga peluang bagus menjelang turun minum. Pertama melalui sepakan melengkung Insigne yang dapat dihalau Alex Sandro, kemudian upaya blok Buffon untuk menghentikan laju Diego Demme dari jarak dekat. Dari tendangan bebas yang dihasilkan, Buffon menepis bola tembakan Insigne.

Di awal babak kedua giliran Napoli yang menekan Juve. Bianconerri kemudian memasukkan Danilo untuk menggantikan Douglas Costa sehingga posisi Juan Cuadrado digeser lebih ke depan.

Napoli juga melakukan pergantian pemain, dan Arkadiusz Milik memiliki peluang bagus saat melepaskan sepakan melambung.

Menjelang waktu normal usai, Buffon melakukan aksi heroik dengan menepis tandukan Nikola Maksimovic. Kiper gaek itu kemudian masih mampu menggagalkan peluang Eljif Elmas dari jarak dekat.

Adu Penalti

Pada drama adu penalti, Dybala menjadi penendang pertama Juve dan kemudian gagal menunaikan tugasnya. Eksekutor pertama Napoli Insigne justru mampu menaklukkan Buffon.

Algojo kedua Juve Danilo juga tidak mampu mengeksekusi penalti dengan sempurna. Penendang berikutnya adalah Matteo Politano yang sukses mengeksekusi penalti untuk membawa Napoli memimpin 2-0.

Bek senior Juve Leonardo Bonucci sebagai algojo ketiga berhasil menjalankan tugasnya. Demikian pula algojo ketiga Napoli Maksimovic. 3-1

Keberhasilan Aaron Ramsey sebagai penendang penalti keempat sempat memunculkan harapan bagi Juve untuk memperpanjang adu penalti. Namun Milik yang menjadi algojo keempat Napoli berhasil memasukkan bola untuk memastikan timnya menjuarai Piala Italia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement